Wisata Goa Pindul-Wisata Cave Tubing di Gunungkidul

 Wisata Alam, Wisata Petualang

goa pindul-tengah goaObyek Wisata Goa Pindul beralamat di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Bejiharjo di Kecamatan Karangmojo ini adalah salah satu Desa wisata di Kabupaten Gunungkidul yang berhasil mendapatkan predikat sebagai Desa Wisata Terbaik Nasional Tahun 2012 dan mendapat penghargaan dari Pemerintah.

Dunia travelling memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi jika mengupas keindahan wisata alam Indonesia .Negeri tercinta ini kaya akan keindahan alam laut dan daratan. Terutama Daerah Istimewa Yogyakarta. Siapa yang tak mengenal kota seni dan budaya in ? Disinilah tempat menimba ilmu sekaligus menikmati keindahan alam yang luar biasa. Dari sekian banyak wisata yang ada di Yogyakarta salah satu tempat wisata terindah yaitu Goa Pindul . Selain memiliki destinasi yang cantik disinilah nanti anda akan di suguhi pemandangan Goa dengan stalagmite dan stalagtit yang indah. Goa Pindul terletak di desa Bejiharjo berada di Kecamatan Karangmojo. Goa ini merupakan sebuah Goa yang di dalamnya di aliri air sungai yang mengalir di sepanjang bawah tanah mulai dari mulut Goa hingga menuju ekor bagian belakang. Goa Pindul mulai dibuka pada tanggal 10 Oktober 2010 dengan ciri khas Goa kapur yang indah dan cantik.
Pesona alam Goa Pindul membuat para wisatawan asing maupun domestic kagum. Hal ini lah yang memicu datangnya pra wisatawan untuk menikmati keeksotisan dari Goa Pindul Hari setiap harinya ramai dikunjungi ribuan pengunjung hanya ingin merasakan keindahan suasana di dalam Goa. Diperkirakan panjang Goa Pindul sekitar 350 m yang lebarnya mencapai 5 m. Jika di ukur jarak permukaan atap Goa dengan air bawah laut mencapai sekitar 4 m. Disinilah para wisatawan bisa menikmati suguhan dari kilauan air yang mengisi keindahan Goa pindul.
Begitu indahnya pemandangan Goa Pindul hingga menarik mata para wisatawan. Lebih menariknya Goa Pindul memilik 3 bagian yang perlu anda ketahui diantaranya zona yang pertama merupakan kawasan yang palin terang . Sehingga nantinya anda dapat menikmati suasan Goa dalam keadaan terang benderang. Di sinilah anda bisa menikmati permainan di dalam Goa dengan sesuka hati baik ingin melompat atau ingin berenang bebas. Selain itu anda akan di temani kumpulan ikan yang sangat cantik Meskipun ukuran ikan terbilang cukup besar. Namun anda tak perlu khawatir karena dijamin aman dan tidak menggigit. Bagian yang kedua adalah zona yang sedikit remang. Ketika anda memasuki zona ini hanya sedikit cahaya yang menyinari tempat ini. Namun hal ini tak akan mengurangi keindahan Goa anda bisa tetap menikmati kecantikan Goa Pindul. Untuk Bagian ketiga adalah Zona Gelap . Disini anda akan merasakan gelap gulita karena zona ini terletak di bagian ekor Goa. Ada bisa berjalan dengan menggunakan alat bantu penerangan seperti lampu senter dll. Didalam zona yang ketiga ini terbilang cukup panjang. Anda akan menyusuri zona ketiga selama 45 menit.

Goa ini hamper sama dengan Goa – Goa lainnya tetapi Goa pindul di hiasi stalagtit dan stalagmit yang cukup mengasyikkan. Hanya saja yang membedakan umur dari stalagtit dan stalagmite di dalam Goa. Menurut sebuah penelitia usia nya mencapai ribuan tahun lamanya . selain itu ukurannya yang sangat besar. Lebih serunya di dalam Goa anda bisa menyaksikkan sebuah pilar yang Nampak kokoh dan besar. Ukurannya sendiri bisa mencapai ketinggian 5 dari rentang tangan orang yang dewasa. Disinilah nanti anda bisa menyaksikan kemegahan dan keindahan stalagmite dan stalagtit yang begitu menakjubkan.

Goa Pindul sebagai salah satu wisata petualangan di Gunungkidul yang menawarkan wisata susur goa yang di bawahnya mengalir sungai bawah tanah sepanjang sekitar 350 meter menggunakan ban karet. Disediakan peralatan berupa jaket pelampung, ban karet, sepatu, head light dan pemandu. Selama perjalanan menyusuri goa di atas aliran air sungai bawah tanah. Anda dapat menikmati keindahan pemandangan di dalam Goa sambil mendengarkan penjelasan para pemandu yang ramah menemani Anda.

Goa Pindul juga memiliki stalaktit terbesar ke-4 di dunia yang sampai saat ini masih aktif meneteskan air bening dari atas. Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, karena besarnya, butuh 5 orang untuk dapat merangkulnya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Bila beruntung, Anda juga akan melihat kelelawar yang bagai berbaris rapi bergelantungan di atap goa, yach…Goa Pindul telah menjadi rumah bagi kelelawar itu sejak ratusan tahun yang lalu.

Tepat ditengah Goa, ada sebuah ruangan yang agak besar, ruangan ini ada lubang diatasnya yang oleh warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk dari lubang ini membuat suasana di dalam goa semakin indah. Lubang diatas Goa Pindul ini dulu seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR untuk latihan.
Bagi Anda yang bernyali, bisa melompat ke air dari tebing atau pohon di sekitar pintu keluar goa, tentu saja Anda harus hati hati melakukannya. Waktu tempuh yang diperlukan untuk Cave Tubing Goa Pindul sekitar 45 sampai 60 menit. Sambil menikamati suasana pedesaan yang sejuk, bila Anda tertarik untuk menginap di sini, di tempat ini juga banyak di tawarkan homestay dan warung makan, tentu saja dengan harga yang murah.

Sejarah  Goa Pindul
Sejarah nama Goa Pindul menurut cerita yang kami dapatkan berasal mula dari sebuah cerita petualangan seorang tokoh yang bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di perintahkan oleh Panembahan Senopati di kerajaan Mataram untuk membunuh bayi laki laki hasil hubungan putri Panembahan Senopati bernama Mangir Wonoboyo.
Dalam perjalanan ke 2 utusan Panembahan Senopati itu tidak tega untuk membunuh sang bayi, kemudian keduanya pergi kearah timur yaitu kearah Wonosari Gunungkidul sehingga tibalah di suatu dusun di daerah Bejiharjo. Di dusun itu keduanya menggelar tikar untuk alas tidur, dusun tempat menggelar tikar itu kemudian dinamakan Gelaran. Sementara itu sang bayi terus menerus menangis, ke 2 utusan itu berusaha menenangkannya, karena masih saja rewel, kedua utusan itu berinisiatif untuk memandikannya. Ki Juru Mertani kemudian naik ke salah satu bukit dan menjejakkan kaki ke tanah di puncak bukit itu, dengan kesaktianya tanah di bawahnya runtuh dan nampak menganga sebuah lubang yang kelihatan ada aliran air di bawahnya.
Sang bayi kemudian di gendhong turun dan di mandikan di dalam goa, disaat di mandikan, pipi sang bayi terbentur (Orang jawa : kebendhul) batu yang ada di dalam goa itu. Karena kejadian itu tempat itu di namakan Goa Pindul.

Rute Perjalanan Menuju Goa Pindul
Jika anda ingin berwisata ke tempat ini harus mengetahui destinasi dari Goa Pindul . Untuk perjalanan yang ditemput terbilang cukup mudah. Apabila anda asli masyarakat atau penduduk Yogyakarta jalan yang di tempuh cukup melewati kota Wonosari kemudian di lanjutkan menuju Desa Bejiharjo dan terus menyusuri jalan aspal besar hingga menemukan sebuah tulisan Pindul . Untuk perjalanan nya jika anda memiliki kendaraan pribadi terbilang cukup mudah . Karena hanya melewati jalanan aspal dan tidak memerlukan tenaga lebih untuk menempuh Goa Pindul.

 

Details Lokasi Wisata Goa Pindul :


Alamat : Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Fasilitas :
1.Parkir Kendaraan
2. Mushola
3. Toilet Umum
4. Warung makan/Restoran
5. Penginapan/Homestay
6. Pemandu dan Peralatan

Kegiatan yang dapat anda Lakukan

Saat memasuki desa Bejiharjo, Nantinya anda akan disuguhi oleh deretan batu kars yang elok dan indah. Desa ini sangat berbeda dengan desa pada umumnya . Karena di sinilah salah satu desa yang memiliki testur tanah yang memiliki batu kapur dan banyak ditemukan batu kars. Saat melewati desa ini alangkah baiknya jika mengabadikan momen terindah saat melewati kawasan ini. Karena memiliki keindahan yang cukup menakjubkan.
Lebih istimewanya lagi disinilah anda bisa menikmati keeksotisan dari Goa Pindul. Nantinya anda bisa mengunjungi aliran kali Oya. Kali Oya adalah sebuah sungai yang terletak cukup dekat dengan lokasi dari Goa Pindul . Disinilah anda akan mendapatkan tantangan dalam mengarungi aliran arus yang deras dari Kali Oya. Anda bisa melakukan rafting bersama dengan teman atau keluarga. Untuk keamanannya sudah di sediakan sebuah perahu karet beserta pelampung lengkapnya. Jadi nantinya anda bisa menyewa dan jangan merisaukan dari harga sewa yang cukup terjangkau. Panjang Kali oya di perkirakan sejauh 1,5 km dengan suguhan pemandangan yang indah dan menawan. Keasrian daun yang mengelilingi aliran sungai dengan balutan batu kars menambah kesejukkan derasnya arus air dari Kali Oya. Suara gemercik air akan menambah kedamaian dan ketentraman bagi yang mendengarnya hingga saat kembali kerumah nantinya fikiran anda akan kembali segar dan fresh kembali.

Harga Tiket  Masuk Goa Pindul

Harga Ticket Masuk : 35 ribu rupiah/pengunjung di tambah retribusi masuk kawasan yang di kelola oleh Pemda sebesar 10 ribu/org (Includes semua perlengkapan dan jasa Pemandu)
Para  wisatawan lokal maupun domestik  selalu membludak di Goa Pindul, apalagi di musim musim liburan. Bila Anda suatu saat berencana berkunjung kesini, di sarankan Anda booking ticket terlebih dahulu, minimal 1 minggu sebelumnya, ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak kecewa, karena mungkin sudah jauh jauh datang,  tetapi nyampai disini counter ticket sudah di tutup. Pengelola sering menutup counter ticketnya lebih awal karena antrian pengunjung sudah semakin mengular dan tidak tertampung lagi.

Tips saat berwisata di Goa Pindul
Sebelum melakukan caving sebaiknya anda memeriksa pelampung dan ban karet yang akan di gunakan. Untuk menghindari bahaya kecelakaan pakailah pelampung dan ban karet secara benar. Jangan lupa mengenakan head lamp saat memasuki zona gelap di sekitar area Goa Pindul. Didalam Goa Pindul anda juga bisa melakukan cave tubing . Waktu yang paling tepat sekitar pukul 09.00 pagi . Karena saat itulah terik matahari bersinar dengan terang dan suasana tidak terlalu dingin.

Agar nantinya anda dapat cave tubing dengan leluasa di Goa Pindul , sebaiknnya datang lebih awal untuk menghindari kepadatan para pengunjung. Apalagi jika musim libur tiba serbuan para pengunjung akan datang berbondong – bondong.

Tips Memilih Operator Goa Pindul

Di Goa pindul terdapat banyak operator yang melayani paket wisata di disini, tetapi penulis  hanya rekomendasikan ke Panca Wisata yang memiliki website pemasaran di  www.goapindul.net yang terbaik karena :

  1. Lokasi basecamp sangat dekat dengan lokasi Goa pindul, sehingga Anda cukup jalan kaki saja ke goa, tidak seperti yang lain yang harus di angkut angkut lagi pakai pickup, kegiatan pengangkutan dengan pickup ini pasti akan membuang buang waktu anda bukan ?
  2. Tersedia ruang tunggu yang luas beserta free hotspot area yang akan memanjakan anda yang tidak ingin ketinggalan dengan update berita via internet maupun aktivitas social media.
  3. Pemandu yang ramah sekali yang kebanyakan sudah mempunyai sertifikat dari BASARNAS
  4. Area Parkir kendaraan yang luas sehingga Anda tidak perlu ribet memarkir kendaraan.
  5. Tersedia welcome drink di ruang tunggu.
  6. Kamar mandi tersedia banyak sekali untuk tempat berganti pakaian maupun bersih bersih setelah aktivitas.

Untuk booking ticket, Anda bisa langsung ke bagian marketing dan official site resminya di www.goapindul.net, E-mail : marketing@goapindul.net atau langsung menghubungi ke CS bagian marketing di : 081 390 771 931 (Simpati),dan 087 883 426196 (XL). Semoga informasi ini berguna untuk Anda dan Selamat menikmati liburan. 🙂

wisata-goa-pindul-papan-nama

cavetubing-goa-pindul-view suasana dalam goa

goa pindul-antrian wisatawan di mulut goa

goa pindul-view mulut goa

goa-pindul-suasana-dalam-goa

wisata goa pindul

wisata goa pindul-view pintu keluar

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.