Topeng Kayu Khas Desa Bobung

 Wisata Belanja

Topeng Bobung yang di BatikGunungkidul. Apa yang terlintas di fikiran Anda ketika mendengar kata tersebut? Pantai Indrayanti, Thiwul, Belalang goreng atau kerajinan tangannya? Masyarakat Gunungkidul sangat terkenal ragam budaya dan kreatifitasnya. Maka tak heran banyak kerajinan tangan yang menjadi buah tangan ketika mengunjungi Kabupaten Gunungkidul.

Dusun Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul , merupakan salah satu sentral pembuatan topeg kayu. Proses pembuatan topeng masih manual atau menggunakan tenaga manusia. Yang saat ini menjadi sumber mata pencahrian utama masyarakat Dusun Bobung yang dulunya hanya usaha sampingan saja.

Pembuatan topeng tersebut dapat menyerap banyak tenaga kerja, karena proses pembuatan yang  panjang dan mendetail. Proses pembuatan di mulai dari pemilihan kayu, pemotongan kayu, pengukiran, dan pewarnaan.

Pada proses pemilihan kayu harus benar-benar tepat karena topeng yang di gunakan agar tidak terlalu berat dan nyaman. Biasanya kayu yang di pilih kayu jenis mahoni, randu dan akasiah yang sudah kering. Saat kayu sudah dipilih dan berkualitas bagus kayu kemudia di potong sesuai ukuran yang telah di tentukan. Proses Pengukiran di lakukan oleh kaum laki-laki yang sudah berpengalaman. Dan Proses pewarnaan banyak di lakukan oleh kaum wanita karna saat pewarnaan juga di langsungkan pembatikkan pada topeng.

Pembuatan yang masih manual membuat kreatifitas masyarakat semakin berkembang. Pada awalnya produk yang di hasilkan hanya berupa topeng kayu. Pada saat ini sudah banyak produk kayu yang di hasilkan. Mulai dari Perabotan rumah tangga hingga hiasan rumah.

Produk yang dapat di gunakan sebagai alat rumah tangga misalnya nampan, piring hias, dan prabotan lainnya. Produk yang di gunakan untuk hiasan rumah seperti kayu yang berbentuk binatang, patung orang-orangan, dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Bobung juga bisa menikmati udara segar lereng bukit pedesaan dengan pola kehidupan khas pedesaan. Pengunjung juga bisa menikmati atraksi tari topeng, cara bercocok tanam serta menikmati liburan di alam pedesaan yang sangat khas. Setiap tahun masyarakat setempat menyelenggarakan upacara kenduri Bersih Desa dengan diiringi kesenian khas daerah, reog, jathilan kethoprak serta tarian khas desa Bobung “Tari Klana Topeng”.

Fasilitas yang terdapat di Desa Bobung bisa di katakan sangat lengkap, sudah adanya toko yang menjual hasil produksi desa tersebut, banyak warung makan yang menjajakan makanan khas daerah dan sudah ada home stay jika menginginkan untuk menginap.

Galeri Foto

Desa Bobung Putat

pembuatan topeng bobung

Desa Bobung

Kerajinan Desa Bobung Putat

Kerajinan Desa Bobung

 

Author: