Tiket Masuk Goa Pindul Naik !

 Wisata Alam, Wisata Petualang

wisatawan goa pindul membludakBila Anda hobi traveling, tahukah Anda beberapa waktu yang lalu di facebook dan twitter marak beredar Photo Goa Pindul yang lagi kebanjiran wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Saking banyaknya, aliran sungai yang mengalir di bawah goa seperti tidak terlihat airnya kehalang ban ban karet wisatawan yang menaikinya.
Ternyata membludaknya wisatawan di obyek wisata Goa Pindul bukanlah hal yang baru, keadaan seperti ini sudah terjadi semenjak beberapa bulan yang lalu. Hampir setiap hari antrian wisatawan mengular sangat panjang di counter counter ticket yang telah di sediakan pengelola, puncaknya di akhir pekan ratusan bis bis wisata antre di parkiran kendaraan di obyek wisata Goa Pindul.

Bagi Anda yang belum tahu apa sich yang menarik di Goa Pindul sampai segitu ramainya, Wisataku.net akan sedikit memberi gambaranya. Obyek Wisata Goa Pindul adalah termasuk tempat wisata baru di Kabupaten Gunungkidul. Wisata Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta .Tempat ini mulai di buka sebagai tempat wisata sejak tahun 2010 yang lalu. Berawal dari penduduk setempat yang membersihkan Goa Pindul dari sampah dan menyulap goa yang di anggap angker ini menjadi tempat wisata baru yang mengasikkan dan bernilai ekonomis bagi warga sekitar.

Obyek Wisata Goa Pindul adalah wisata susur goa yang mengalir di bawahnya aliran sungai bawah tanah. Di dalam Goa terbagi dalam 3 zona yaitu zona terang , zona remang dan zona gelap. Di goa ini anda akan disuguhkan pemandangan alam dengan adanya stalaktit dan stalakmit yang sampai hari ini masih aktif meneteskan air bening dari atas. Stalaktit dan stalakmit di goa ini adalah termasuk terbesar ke 4 di dunia, saking besarnya butuh 5 orang untuk bisa melingkarinya dengan tangan. Baca juga artikel Stalagmit Goa Pindul Terbesar di Dunia,  Selain itu di dinding goa tampak terlihat ornamen ornamen alami yang terbentuk oleh alam beratus tahun yang lamanya. Bila Anda beruntung Anda akan menjumpai “Penunggu” goa yaitu serombongan kelelawar yang menggantung rapi di atap goa, kelelawar kelelawar ini sudah menjadikan goa pindul sebagai rumahnya. Goa Pindul  sendiri termasuk ke dalam kawasan Geopark Karst Gunung Sewu yang akan diusulkan dalam jaringan Geopark Internasional UNESCO.

Karena wisatawan yang semakin membludak, sementara kapasitas goa yang terbatas menurut sumber terpercaya, Ticket masuk Goa Pindul akan di naikkan, tetapi belum di ketahui berapa kenaikannya. Hal ini baru di wacanakan untuk membatasi jumlah wisatawan, agar tidak terjadi overload. Di kawatirkan bila wisatawan membludak karbon dioksida yang terkonsentrasi yang di lepaskan pengunjung kemudian bisa merusak stalaktit, membuat lapisan batuan karst meluruh, kemudian hari bisa merusak struktur batuan di dalam goa. Keindahan dan kekayaan alam di Goa Pindul ini harus kita jaga kelestariannya, tentunya untuk masa depan wisata anak cucu kita.

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.