Telaga Kemuning yang Eksotis

 Wisata Alam

Telaga Kemuning PatukDusun Kemuning terletak di Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Konon penamaan Dusun di kaitkan dengan sebuah pohon yaitu pohon kemuning, pohon ini memiliki bunga yang wanginya semerbak.

Padukuhan kemuning terletak di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Namun ini merupakan keuntungan tersendiri untuk dusun Kemuning. Dengan ketinggian yang lumayan bisa di katakan tinggi mampu menyuguhkan keindah alam tersendiri bagi pengujung.

Panorama serta keindahan alam sekitar kemuning dapat dinikmati di sepanjang perjalanan menuju Dusun Kemuning. Keadaan alam yang sangat dominan dengan perbukitan menjadikan perjalanan sangat menyenangkan.

Telaga kemuning sudah ada sejak dahulu, hingga Pemkab Gunungkidul melakukan pelebaran hingga mencapai 1 Ha dengan kedalaman mencapai 2,5 meter sampai 3 meter saat musim hujan, saat musim kemarau hanya mencapai 1 meter.

Sejak pembangunan tahun 2008 air di Telaga Kemuning tak pernah kering, sehingga sangat menarik untuk di jadikan tempat wisata.

Lokasi yang sekitar telaga terdapat hutan milik pemeritah,  hutan Wanagama dan sebagian milik warga setempat menjadikan Telaga Kemuing semakin asri. Paduan yang sempurna membuat Telaga Kemuning menjadi sangat eksotis dan sangat sayang untuk tidak di kunjungi.

Telaga Kemuning yang asri dengan keadaan air yang selalu terjaga kebersihannya. Membuat pengunjung sangat nyaman berada di Telaga Kemuning. Keberadaan gasebo yang terbuat dari bambu menjadikan pengunjung lebih betah berlama-lama di Telaga Kemuning.

Fasilitas yang terdapat di Telaga kemuning tempat parkir kendaraan yang memadai, toilet. Dengan di bentuknya Kelompok Sadar Wisata di Telaga Kemuning sudah terdapat beberapa paket wisata yang di tawarkan di Telaga Kemuning.

Selamat Berlibur salam Wisata…

Gallery

Telaga Kemuning Gunung kidul

Telaga Kemuning Gunungkidul

telaga kemuning Patuk Gunungkidul

telaga kemuning

Author: