Situs Megalitikum di Sokoliman

 Wisata Sejarah

Situs Megalitikum Sokoliman, GunungkidulPenemuan situs ini sudah terjadi sejak jaman penjajahan. Peneliti awal situs tersebut adalah J.L Moens dan Van der Hoop pada tahun 1934. Kedua peneliti tersebut melaporkan adanya bekal kubur berbentuk alat-alat besi, fragman gerabah, dan berbagai benda terbuat dari perunggu di kawasan Dusun Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Pada tahun 1978 Pemerintah sudah mulai meneliti keberadaan batuan-batuan tersebut. Jumlah batuan tersebut berjumlah tidak sedikit bahkan tergolong cukup banyak.  Pemerintah mulai memikirkan untuk memindahkan batuan tersebut menjadi satu tempat agar mudah untuk penelitian dan pelestariannya.

Pada tahun 1988 Pemerintah membebaskan lahan seluas 2.000 meter persegi di dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Tanah yang masih hak milik dari keluarga Pak Sugito tersebut menjadi Cagar Budaya. Lalu pada tahun 1992 Pemerintah mulai memindahkan Menhir (Batu Pemujaan) yang berasal dari sejumlah wilayah di Dusun tersebut.

Dengan lahan seluas 2.000 meter persegi yang sekarang telah menjadi Cagar Budaya yang di beri nama Situs Megalitikum Sokoliman yang di kelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.

Ketika memasuki situs tersebut Pengunjung dapat melihat Menhir yang sudah di tata rapi dan di pagari oleh batuan kecil. Terdapat juga jalan setapak untuk memudahkan pengunjung memutari Situs tersebut. Terdapat juga beberapa bangku terbuat dari semen yang bisa di gunakan pengunjung untuk beristirahat sejenak.

Batuan yang terdapat di situs tersebut bisa dikatakan bertambah setiap tahunnya. Hingga saat ini hampir 200 Menhir yang menempati situs tersebut. Ada juga sebuah arca batu besar serta sebuah punden berundak. Batuan tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai fungsi yang di butuhkan manusia Pra-sejarah jaman dulu.

Jika di bandingkan beberapa tahun silam keberadaan situs ini jauh berbeda dengan saat ini. Saat ini situs lebih tertata dan lebih terawat tentu saja tidak menghilangkan keasrian dari batuan-batuan tersebut.

Fasilitas yang terdapat pada Situs Megalitikum Sokoliman sudah terdapat kamar mandi umum, pedagang yang menjajakan makanan maupun buah tangan khas desa Sokoliman, dan tempat parkir kendaraan yang luas. Untuk berwisata sejarah di Situs Sokoliman Pengunjung tidak akan di kenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya di minta untuk menjaga keasrian dari situs tersebut.

Galeri Foto

Situs Megalitikum Sokoliman, Gunungkidul

situs megalitikum

Situs Sokoliman

Situs Megalitikum Sokoliman

Author: