Renyahnya Belalang Goreng Gunungkidul

 Wisata Kuliner

belalang goreng gunungkidulTak  hanya wisata pantai gunungkidul saja yang ekstrim, ada cemilan tak kalah ekstrim sebagai teman perjalanan menuju jejeran Pantai Baron. Cita rasa renyah, olahan asli masyarakat setempat, lezat serta unik, beradu menjadi satu di aneka jajanan wisata kuliner ekstrim seperti Belalang, Jangkrik dan Laron Goreng.

Belalang Goreng mudah ditemui ketika berada di daerah Paliyan atau Semanu serta beberapa pantai di Gunungkidul. Memang menggelikan membanyangkan memakan serangga tersebut, namun jika sudah sampai didalam mulut, seperti memakan cangkang kepiting bahkan lebih mirip udang goreng.

Sepintas bentuk luar kemasan makanan ini memang tidak menarik, namun begitu lezatnya makanan ini, tidak jarang para wisatawan membawanya sebagai buah tangan.  Kriuk, kriuk, gurih rasa dari makanan tersebut, Cemilan Belalang Goreng diyakini mengandung vitamin A dan Protein.

Lain lagi, walau sepertinya ini makanan burung, selain Belalang Goreng, juga ada jangkrik goreng dan laron. Jangkrik Goreng mempunyai kandungan protein paling tinggi diantara jajanan lain, aneka rasa ditawarkan seperti pedas,pedas manis dan original.

Satu lagi selain, Belalang Goreng dan teman-temannya, ada juga Kepompong dikenal dengan nama ungkrung. Cara pembuatannya pun, tidak berbeda dengan yang lain yaitu di Goreng.

Untuk rasa jangan salah, bener-benar enak, menyantap kuliner  ekstrem diperjalanan yang menegangkan akan memberikan pengalaman tersediri bagi anda. jangan melihat bentuknya terlalu lama ya kawan, langsung saja di santap, renyah bercampur gurih akan menjadi satu didalamnya, bergoyang bersama, sensasinya bikin nagih, percayalah.

Anda dapat menemui pedagang makanan ekstrim tersebut ketika berada di daerah wonosari, sepanjang rute pantai, harga Rp 15.000 per kantung.

Selamat berwisata digunungkidul

Galeri Foto

jangkrik Gorenng

ungkrung goreng

Belalang Goreng

Author: