Puncak Becici Destinasi Wisata Alam Terkini Yogyakarta

 Wisata Alam

Puncak Becici BantulPuncak Becici masih berupakan kawasan hutan lindung di bawah pengelolaan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.  Jika dari kota Yogyakarta kurang lebih 1,5 jam menepuh perjalanan menuju Puncak Becici.

Nama Becici sebenarnya memiliki cerita sejarah tersendiri di kalangan masyarakat sekitar. Becici berasal dari gabungan kata “ambeg” yang berarti berdiam diri dan kata suci, dua kata yang merujuk pada cerita turun temurun kepercayaan masyarakat setempat. Cerita tentang putra pendiri Desa Muntuk yang bertapa di bukit di bagian barat hutan pinus dan kemudian ingin disemayamkan di bukit yang sama ketika meninggal dunia. Terlepas dari benar tidaknya cerita tutur ini, di puncak Bukit Becici memang ditemukan sebuah petilasan menyerupai makam.

Suara daun pinus yang bergesekan diterpa angin menjadi melodi alam yang menemani perjalanan menembus hutan pinus. Hanya perlu waktu sekitar lima belas menit dari parkiran untuk mencapai puncak Bukit Becici. Tak hanya barisan pohon-pohon pinus tinggi menjulang, terdapat  juga bangku-bangku dari batang pinus, ayunan kayu, beberapa gazebo sederhana dan gardu pandang dengan pengamanan ala kadarnya di sepanjang tepi jalan setapak.

Terdapat pula area datar yang lumayan luas untuk bermain serta camping ground dengan jarak pohon pinus yang tak terlalu rapat. Semakin dekat dengan puncak bukit, jarak pohon-pohon pinus ini pun semakin renggang. Hingga matahari yang tadinya terhalang daun-daun pinus pun kembali menampakkan diri, semakin condong ke arah barat namun masih bersinar penuh semangat. Menyilaukan setiap mata yang mencoba menatapnya.

Puncak Becici memang spot yang tepat untuk menikmati saat-saat matahari terbenam karena bukit ini menghadap ke arah barat. Tak heran ketika tiba di puncak, selalu terdapat banyak orang yang menunggu momen-momen pergantian siang menuju malam.

Puncak Becici selalu menjadi tempat favorit yang bisa di kunjungi bagi pemburu sunset. Karena terletak di ketinggian yang indah dan asyik seperti di Puncak Becici berteman dengan pohon pinus.

Untuk menikmati semua keindahan yang di suguhkan di Puncak Becici Pengunjungi tidak dikenakan tarif masuk pengunjung hanya di kenakan biaya parkir saja. Meskipun gratis pengunjung harus dengan penuh kesadaran untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Gallery Photo

Puncak Becici Dlingo, Bantul

Puncak Becici Yogya

Puncak Becici Yogyakarta

Puncak Becici

 

 

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.