Pesona Wisata Malam di Gunungkidul

 Wisata Kuliner

alun-alun gunungkidulSeiring berkembangnya obyek wisata di Gunungkidul membuat Wisatawan yang datang bertanya-tanya wisata apa yang bisa di kunjungi di malam hari. Tempat asyik yang bisa di kunjungi saat malam hari di Gunungkidul salah satunya Alun-alun Wonosari.
Alun-alun Wonosari atau yang terkenal di masarakat setempat adalah Lapangan PEMDA. Di siang hari tidak ada yang special di alun-alun ini, tapi sangat berbeda di malam hari. Lapanga yang biasa saja di siang hari bisa di sulap saat malam hari.
Deretan pedagan kaki lima yang menjajakan makanan khas daerah hingga makanan modern ada di seputar alun-alun. Saat malam sore hari kehidupan di alun-alun serasa akan baru di mulai. Tampak para pedagang sibuk mendirikan tenda-tenda sebagai lapak mereka. Mensiapkan bahan-bahan yang di gunakan untuk mensajikan menu-menu istimewa mereka.
Walaupun tenda saling berjajar tidak membuat para pedagang berkecil hati. Mereka tetap bisa bersaing dengan sportif karena setiap pedagang memiliki menu khas yang di jajakan. Menu-menu special yang mengugah selera, yang tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.
Harga mulai dari 10ribuan saja wisatawan bisa menikmati masakan khas di alun-alun. Menu yang di sajikan di antaranya ayam goreng kremes sambal bawang, pecel lele sambel mentah, dan masih banyak lagi menu lain. Selain makanan ada juga minuman yang bisa di nikmati di malam salah satunya wedang ronde yang bisa menghangatkan badan karena berbahan dasar jahe.
Selain kuliner yang sangat beragam terdapat juga permainan yang bisa di nikmati untuk anak-anak hingga orang dewasa. Permaina yang dapat di nikmati untuk anak-anak adalah pemainan memancing di kolam kecil dengan ikan yang terbuat dari plastik. Ada juga permainan sepeda lampu yang berbentuk binatang maupun bunga-bunga. Namun permainan ini harus di dampingi oleh orang dewasa.
Tak jarang juga banyak pasangan muda-mudi yang berkunjung di alun-alun untuk menikmati permainan ini. Biasanya pengunjung paling banyak saat malam minggu, selain akhir pekan saat musim libur sekolah juga ramai pengunjung. Setiap pengunjung yang naik di permainan ini akan di tarik biaya sebesar 10ribu saja untuk mengelilingi seputar alun-alun dan jalan baru, sangat murah bukan?
Jalan Baru atau yang lebih di kenal dengan singkatan JB untuk kalangan anak muda di Gunungkidul. Selain di alun-alun biasanya anak muda juga nongkrong di jalan baru. Di jalan baru terdapat taman kota yang di lengkapi dengan taman bermain anak. Untuk di jalan baru pengunjung tidak di pungut biaya, pengunjung hanya di minta untuk menjaga kebersihan saja.
Bagaimana? Menarik bukan untuk menikmati suahsana malam hari di alun-alun Wonosari? Selamat berlibur…

Gallery Foto

alun-alun wonosari gunungkidul

alun-alun wonosari

Taman Jalan Baru

 

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.