Pesona Pantai Wedi Ombo di Gunungkidul

 Wisata Pantai

Pantai Wedi OmboPantai Wedi Ombo merupakan salah satu pantai yang terletak di paling timur dari deretan pantai di Gunungkidul. Menurut bahasa Pantai Wedi Ombo dapat di artikan “Wedi” yang berarti “Pasir”, “Ombo”Yang dapat di artikan “Lebar”. Secara bahasa Pantai Wedi Ombo dapat diartikan Pantai yang Berpasir Luas.

Pantai Wedi Ombo walau berarti Pantai Berpasir Luas, Pantai Wedi Ombo memiliki hampara pasir yang tak seluas pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai Wedi Ombo memiliki hamparan pasir yag tidak begitu luas, bahkan lebih di dominasi oleh tebing-tebing di kanan kiri pantai.

Pantai Wedi Ombo sangat terkenal dengan hasil laut para nelayan. Karena penduduk sekitar Pantai Wedi Ombo lebih banyak yang memilih profesi untuk menjadi nelayan. Sehingga tidak heran jika hasil tangkapan ikannya sangat melimpah di bandingkan pantai lainnya di Gunungkidul.

Karena masyarakat yang di dominasi oleh nelayan maka kamu akan menjumpai pemandangan yang sangat erbeda di Pantai Wedi Ombo. Jika Kamu datang di Pagi hari Kamu bisa melihat Para Nelayan yang sedang sibuk mensiapkan peralatan untuk melaut. Ada yang sedang menaikkan jaring ke dalam Kapal, ada yang sedang mengecak mesin kapal, hingga ada yang mempersiapkan bekal makanan.

Biasanya nelayan akan berangkat bersama-sama untuk melaut, dengan mengguakan perahu masing-masing. Dalam satu perahu bisa berisi empat sampai enam orang laki-laki dewasa. Biasanya Nelayan akan pulang di sore hari jika sudah mendapatkan ikan. Nelayan tidak kesulitan untuk menjual hasil tangkapan mereka karena ketika sampai di tepi pantai Nelayan sudah di tunggu oleh tengkulak yang akan membeli hasil tangkapan mereka. Terkadang para pengunjung juga banyak yang tertarik untuk membeli hasil tangkapan para nelayan.

Saat sore hari kamu akan mendapati pemandangan yang sangat menarik di tepi Pantai Wedi Ombo. Deretan kapal Nelayan yang terparkir dengan rapi menempati plataran parkir kapal di Pantai. Sambil menikmati sunset yang perlahan turun dari langit yang di temani kapal-kapal Nelayan.

Bagaimana sangat menarik bukan jika Kamu berunjung di Patai Wedi Ombo, pengalaman yang takkan terlupakan suahsana Pntai yang sangat mempesona dan penuh sensasi yang menawan. Jika Kamu ingin berkunjug ke Pantai Wedi Ombo baik sendiri maupun bersama-sama keluarga, pacar, dan teman-teman tetap saja akan merasa sangat nyaman dan menyenangkan dengan suahsana Pantai yang sangat mepesona.

Rute yang harus kamu lewati jika mau berkunjung di Pantai Wedi Ombo kamu, dari kota Yogyakarta kamu harus menuju kota Wonosari, dari arah kota Wonosari kamu harus ambil jalur Pantai, yang lebih tepatnya arah Selatan kota Wonosari. Karena Kabupaten Gunungkidul memiliki deretan pantai yang sagat banyak, kamu bisa memilih arah Pantai Wedi Ombo. Yang jalannya mengarah ke Timur sendiri dari Pantai lainnya.

Di Pantai Wedi Ombo Fasilitasnya sudah memadai, seperti kamar mandi, tempat parkir, tempat ibadah dan rumah makan yang siap menjamu perut kamu yang sedang kelaparan jika tidak sempat membawa bekal. Tiket yang harus kamu keluarkan untuk dapat masuk ke Pantai Wedi Ombo kamu hanya membayar retribusi masuk kawasan saja sebesar Rp. 10.000/  orang.

Galery Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo WonosariPantai Wedi Ombo Wonosari GunungkidulPantai Wedi Ombo Laguna

Author: