Pasar Bringharjo Yogyakarta

 Wisata Belanja

Pasar Beringharjo YogyaPasar Beringharjo adalah salah satu pusat perblanjaan yang terkenal di Yogyakarta. Baik terkenal kelengkapan barang maupun harganya yang boleh di tawar. Pasar Beringharjo beralamatkan di Jl. Pabringan 1, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Pasar Beringharjo berada di ujung  selatan kawasan Malioboro dan berdampingan dengan gedung benteng Vredeburg.

Wilayah Pasar Beringharjo mulanya merupakan hutan beringin. Pada tahun 1925, barulah tempat transaksi ekonomi ini memiliki sebuah bangunan permanen. Nama ‘Beringharjo’ sendiri diberikan oleh Hamengku Buwono IX, artinya wilayah yang semula pohon beringin (bering) diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo). Kini, para wisatawan memaknai pasar ini sebagai tempat belanja yang menyenangkan.

Bagian depan dan belakang bangunan pasar sebelah barat merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan lidah dengan jajanan pasar. Di sebelah utara bagian depan, dapat dijumpai brem bulat dengan tekstur lebih lembut dari brem Madiun dan krasikan (semacam dodol dari tepung beras, gula jawa, dan hancuran wijen).

Di sebelah selatan, dapat ditemui bakpia isi kacang hijau yang biasa dijual masih hangat dan kue basah seperti hung kwe dan nagasari. Sementara bagian belakang umumnya menjual panganan yang tahan lama seperti enting-enting yang terbuat dari karamel yang dicampur kacang.

Bila hendak membeli batik, Beringharjo adalah tempat terbaik karena koleksi batiknya lengkap. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutra, dan harga puluhan ribu sampai hampir sejuta tersedia di pasar ini. Koleksi batik kain dijumpai di los pasar bagian barat sebelah utara.

Sedangkan koleksi pakaian batik dijumpai hampir di seluruh pasar bagian barat. Selain pakaian batik, los pasar bagian barat juga menawarkan baju surjan, blangkon, dan sarung tenun maupun batik. Sandal dan tas yang dijual dengan harga miring dapat dijumpai di sekitar eskalator pasar bagian barat.

Berjalan ke lantai dua pasar bagian timur, jangan heran bila mencium aroma jejamuan. Tempat itu merupakan pusat penjualan bahan dasar jamu Jawa dan rempah-rempah. Bahan jamu yang dijual misalnya kunyit, jahe dan kayu manis.

Pasar ini juga tempat yang tepat untuk berburu barang antik. Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu, anda bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60-an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya. Di lantai itu pula, anda dapat memburu barang bekas berkualitas bila mau. Berbagai macam barang bekas impor seperti sepatu, tas, bahkan pakaian dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya dengan kualitas yang masih baik. Tentu butuh kejelian dalam memilih.

Berbagai macam kebutuhan sehari-hari bisa di temuakn di Pasar Beringharjo. Mulai dari kebutuhan primer maupun sekunder. Tak sedikit wisatawan yang meluangkan waktu untuk mampir di Beringharjo sekedar untuk berbelanja bahkan untuk oleh-oleh.

Tips Berbelanja Hemat

  1. Bisakan bertanya terlebih dahulu harga barang.
  2. Teliti barang sebelum membeli.
  3. Tawarlah bila di rasa harga bisa turun dari harga yang di tawarkan.
  4. Jika sudah mencapai harga yang di sepakati bisa langsung di bayar.

*Selalu berhati-hati menjaga keamanan barang bawaan Anda. Selamat berbelanja…

Foto

Pasar Bringharjo Yogyakarta

Pasar Bringharjo barang antik

Batik Pasar Bringharjo

Pasar Beringharjo Yogya

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.