Pantai Timang Menantang Liar Pulau Timang

 Wisata Pantai

Pantai Timang YogyakartaDengan perlengkapan seadanya, masih tergolong sederhana, bergelantungan diatas ganasnya laut sang Pencipta, para nelayan dengan terampil mencari sumber penghidupan, dunia mancing yang paling menegangkan, hanya ada di Pantai Timang Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai Timang memiliki pesona panorama alam yang berbeda, tergolong pantai mungil dengan 2 sisi unik. Menarik sekali, karna disini anda akan menemukan sesuatu yang berbeda dari tempat lainnya, terdapat pulau panjang dan pulau timang, ketika berfikir tentang sebuah pulau, maka akan terfikir sebuah landasan daratan di tengah pantai, namun suguhan seperti itu tak akan anda temukan di sini, hanya akan ada batu raksasa berukuran besar di tengah ganasnya samudra.

Pantai Timang terkesan alami, penduduk sekitar pantai pun ramah, pada satu sisi pantai akan terlihat berjejeran tumbuhan pandan tumbuh subur menambah anggun panorama. Pemancing mania akan sangat tertarik jika datang ke pantai ini, biota laut seperti lobster dan berbagai jenis ikan mudah di temukan diarea ini, surga bagi para pecinta sea food serta menjadi tempat memancing yang cukup berkualitas.

Disisi lain pantai, tepatnya di area memancing, pasir putih bersih serta pemandangan elok sang tebing hijau akan menambah semangat ketika tengah menunggu ikan memakan umpan. Deburan ombak berlalu lalang pamer akan indah goyangannya, akan menjadi pesona tersendiri ketika memancing ikan di area pantai.

Terbagi menjadi dua sisi berbeda, area wilayah cantik Pantai Timang memiliki karakter bertolak belakang. Di sebelah timur, terlihat seperti pada umumnya pantai mungil, pasir putih, beberapa deret pohon, karang pembatas serta batu tertimbun pasir putih menjadi pemandang di area timur, sedangkan di sebelah barat, tidak ada segenggam pun pasir ala pantai, hanya ada bukit terjal yang langsung menghadap kelautan.

Perbukitan batuan kars tanpa landasan terlihat anggun menambah gairah mata menikmati panorama alam sekitar yang benar-benar masih alami, terdapat pula batu besar berdiri kokoh ditengah laut yang tekenal dengan nama batu panjang atau pulau panjang dan pulau timang.

Pantai Timang yaitu wilayah pembatas antara laut dan daratan, letaknya diantara Pantai Siung dan Pantai Sundak Wonosari Gunungkidul, akses jalan untuk mencapai lokasi cukup sulit dan menantang, lokasi terpencil, bersembunyi di tebing kars gunungkidul serta jalan yang belum di aspal, akan menjadi tantangan tersendiri, pepohonan di jejeran batu menambah pesona tak terlupakan, keunikan sebuah pantai berbatasan laut dan pulau untuk mendapatkan lobster besar di seberang pantai dengan menggunakan sebuah gondola.

Pulau Panjang dan Pulau Timang menyimpan habitat monster laut asli tanah jawa, lobster tumbuh, berkembang dengan sangat baik di tempat ini, keadaan batu karang menjadi tempat pas untuk para lobster bersembunyi. Dengan Gondola, sebuah alat sederhana yang dibuat oleh para nelayan ini menarik banyak simpati pelancong, kereta gantung dibuat menggunakan tali berdiameter 4 cm dan panjang 200 m, ditambah kayu penompang agar ada tempat berpijak bagi sang pengendara akan menjadi suatu pengalaman menantang.

Lokasi Pantai Timang Terletak Di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koodinak GPS: S8o10’36” E11o39’44”- Wisata Pantai Gunungkidul Yogya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Timang Dari Jogja

Jogja – Wonosari – Menuju area Pantai Baron – Pertigaan Mulo – Menuju Pantai Siung – Pasar Dakbong – Jalan Berbatu – Pantai Timang.

Pantai Timang kurang dikenal sehingga banyak wisatawan menemukan lokasi pantai, di sarankan menggunakan sepeda motor atau mobil jeep agar perjalanan tetap nyaman, jangan lupa membeli makanan sebelum mencapai lokasi karena fasilitas tergolong minim. Salam..

Galeri Foto

Pantai Timang Wonosari

Pantai Timang Gunung kidul

Pantai Timang Gunungkidul

Pantai Timang

 

Author: