Pantai Slili Mungil Punya Ombak Menarik

 Wisata Pantai

Pantai Slili GunungkidulMenawan ombak manantang dimiliki oleh sebuah pantai yang sudah cukup terkenal namanya di kalangan para Surfer Mania. Ketika datang ke Pantai Slili Gunungkidul Yogyakarta akan anda dapati beberapa orang membawa alat selancar, apalagi waktu ombak terbaik akan muncul, peselancar akan menunggu Surfe tebaiknya di atas gulungan air asin tersebut.

Penduduk sekitar sering menyebut Pantai Slili sebagai “Watu Lawang”, karena terdapat pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong menyerupai pintu. Walau hanya sebuah pantai kecil yang di apit dua buah bukit karang, tak bisa dipungkiri keindahan pantainya yang tetap bersahaja.

Dibulan juni 2014 ada icon baru Pantai Slili Yogyakarta, sebuah tugu surfing kokoh berdiri dijalan menuju pantai Slili, dikerjakan selama 3 minggu. Tugu ini mengukirkan seorang surfer yang sedang memainkan papan selancar di atas ombak, dibuat menggunakan sistem cor, tinggi 4,5 m, lebar bawah 3,5 m, dan lebar atas 1,5 m.

Makna patung tersebut adalah untuk menggambarkan kepada dunia, bahwa olahraga Surfing dapat dilakukan di pantai Slili dan Krakal Gunungkidul.

Terkadang di Pantai Slili juga mengadakan ritual Sedekah Laut atau upacara Nyadran, yang di adakan setiap setahun sekali pada Hari Minggu Pahing sebelum musim tanam. Pada musim kemarau, petani beralih profesi menjadi pemancing, pencari rumput laut, udang dan karang.

Jangan ragu berselancar di Pantai Slili, selain ombak yang bersahabat, tempat ini belum banyak diketahui orang, Nyaman bukan ? selain berselancar, aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Mungil bernuansa alam Slili juga bisa sebagai tempat memancing, menikmati keindahan alam dari gardu pandang, berkeliling sambil menggunakan perahu temple, menjajal Off-road sirkuit mini di tepi pantai dengan jeep atau menginap satu malam di resort atau penginapan yang ada disekitar pantai.

Lokasi Pantai Slili terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya diantara pantai pantai Krakal dan Sadranan. Koordinat Pantai Slili : S808’42”E110036’10” – wisata pantai Gunungkidul.

Rute Menuju PAntai Slili Dari Kota Yogyakarta

Jogja – Jalur ringroad selatan – Imogiri – Jl. Siluk – Panggang – Restribusi di Pantai Baron – Ikuti Jalan Ke Pantai Slili.

Fasilitas di Pantai Slili sudah lengkap, di tambah penginapan, berbagai wahana fasilitas sepeti off-road dan perahu temple, restribusi Rp 10.000 (termasuk jejeran pantai digugusan pantai baron), parkir Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil). Salam..

Galeri Foto

Pantai Slili Wonosari

Pantai Watu Lawang

Pantai Slili

Pantai Slili Gunung kidul

 

 

 

 

Author: