Pantai Slili Gunungkidul

 Wisata Pantai

Pantai Slili Gunung kidulJika Anda sedang senorkling di Pantai Sadranan jangan lupa untuk mampir di Pantai Slili. Karena pantai Slili berlokasi tak jauh dari Pantai Sadranan atau lebih tepatnya bersebelahan hanya di batasi oleh tebing atau bukit yang di dirikan sebuah villa.

Walaupun bersebelahan dengan Pantai Sadranan yang bisa digunakan untuk senorkling, Pantai Slili tidak bisa di gunakan untuk senorkling. Karena kondisi pantai yang sangat dangkal, sehingga terumbu karang jarang berkembang di perairan yang dangkal.

Panati Slili beralamat di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.  Pantai Slili memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Deburan ombak yang tidak terlalu besar, cenderung menjorok ke daratan menjadi salah satu ciri khas Pantai Slili.  Di tepi pantai sudah banyak berdiri gasebo yang di sewakan untuk pengunjung. Gasebo di dirikan untuk Pengunjung yang ingin menikmati pesona Pantai Slili. Di kanan-kiri gasebo juga banyak di tumbuhi pepohonan sejenis pohon cemara yang tumbuh berjejer dengan rapi.

Pantai Slili lebih didominasi dengan karang yang sangat besar, sebagai pembatas Pantai Sadranan dan Pantai Krakal. Pantai Slili lebih di kenal dengan sebutan Pantai Watu Lawang oleh penduduk setempat. Watu yang berarti “Batu” Lawang yang berarti “Pintu”. Karena di Pantai Slili terdapat lorong yang mirip seperti pintu masuk.

Pantai Slili merupakan salah satu pantai yang sering di gunakan untuk upacara sedekahan laut yang di kenal dengan istilah “Nyadran”. Upacara sedekahan laut biasana di adakan setahun sekali di hari yang sudah di tentukan dan di sepakati bersama menjelang musim tanam.

Pantai Slili saat musim kemarau, di manfaatkan oleh petani untuk menambah penghasilan saat tanah sedang kering. Saat musim kemarau, air laut cenderung surut sehingga Pantai Slili manjadi salah satu lahan penghasilan baru untuk petani. Petani memanfaatkan surutnya air laut untuk mencari rumput laut, kerang, atau udang, untuk di konsumsi sendiri dan jika mendapat banyak akan di jual. Petani hanya dapat mengandalkan hasil laut hingga musim tanam berikutnya tiba.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Slili sudah dapat dikatakan lengkap, terdapat kamar mandi umum, tempat parkir, dan Penginapan. Penginapan mulai dari harga Rp.50.000 sampai Rp. 250.000. Dua kilometer sebelum memasuki area Pantai Pengunjung akan di kenakan tarif masuk kawasan Rp. 10.000/ orang.

Galeri Foto

pantai Slili Gunungkidul

Pantai Slili Wonosari

pantai slili

Pantai Watu Lawang/Pantai Slili

Author: