Pantai Siung Pesona Surga Panjat Tebing Gunungkidul

 Wisata Pantai

Pantai Siung WonosariPantai Siung masih asri, belum banyak terjamah para wisatawan, cukup tenang, sejuk dan nyaman, tempat para pecinta alam bermanja dengan lukisan alam. Hiking, Kemping dan Panjat Tebing adalah keunggulannya, karang raksasa gunung kidul bertebaran, pemandangan elok nan eksotis menjadikan Siung pantai yang sangat istimewa.

Mempunyai 250 jalur pemanjatan, panorama mengesankan, pendakian karang  jadi santapan, kemping menjadi suatu kewajiban. Begitulan kata di pikiran ketika sampai di Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta tersebut, keindahan berpontesial sebagai tempat olahraga alam tersaji dengan cantik bertebaran di sekitar pantai, menggugah hati untuk naik, merasakan harmoni alam, sangat nyaman dan menambah sebuah pengalaman.

Tidak hanya itu, wilayah Siung juga punya cerita, konon, tidak jauh dari wilayah Pantai Siung pada masa Wali menjadi salah satu pusat perdagangan, cukup terkenal di Gunungkidul tepatnya di daerah Winangun (Pasar Winangun), Di tempat ini pula berdiam Nyai Kami dan Nyai Podi, istri abdi dalem kraton Yogyakarta dan Surakarta. Lalu sekitar tahun 1989, komunitas pecinta alam dari jepang memanfaatkan tebing karang sang pantai sebagai lokasi Panjat Tebing, dan kemudian pada tahun 1990-an berlangsunglah kompetisi Asian Climbing Gathering.

Pemda DIY pada tahun 2005 meresmikan kawasan wisata Pantai Siung sebagai Pantai Panjat Tebing, akhirnya banyak para pecinta panjat tebing datang. Selanjutnya karena keuletan pemerintah dan penduduk setempat dalam membenahi pantai, maka di tahun itu juga di adakan Asean Climbing Gathering 2005 yang di ikuti 250 peserta pemanjat dari 6 negara ( indonesia, Filifina, Malaysia, Perancis, Jerman dan Singapura ).

Memiliki beragam Grade (tingkat kesulitan) lengkap, dari pemula hingga ahli sekalipun ada di sini, karakteristik variasi karang Pantai Siung cukup banyak, tidak ditutup kemungkinan jalur pemanjatan akan di tambah. Fasilitas lainnya, adalah hiking dan kemping, selesai mendaki, sampai puncak di sediakan ground camp , untuk berkemah dan beristirahat, dengan syarat tidak merusak lingkungan dan tidak menganggu habitan penyu yang sengaja di pelihara untuk dilestarikan oleh penduduk setempat.

Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta adalah pantai yang penuh akan batuan karang. Asal nama siung adalah sebuah kenangan, peranan penting karang-karang pantai di sebelah timur dan barat tidak sekedar hanya pembatas  pantai belaka maupun sekedar penambah keindahan, disinilah saksi bisu kejayaan di masa  lampau, di wilayah asia sang pantai ini sangat terkenal.

Sebuah batu karang yang menjorok ke lautan merupakan asal nama pantai tersebut, menurut  Wastoyo seorang sesepuh setempat, ada sebuah karang yang menyerupai gigi kera (Siung Wanara), jadilah Pantai Siung.

Sebelum terkenal, penduduk Pantai Siung adalah seorang petani garam, walau rumah mereka dekat laut namun jarang yang berani melaut saat itu, hasil kekayaan alam mereka ambil di pinggir pantai saja, beberapa jenis ikan dapat dipancing, lalu hasil di jual ke Pasar winangun, namun karena sepi pasar winangun tutup, dan lalu pindah di kota Yogyakarta, konon di beri nama Jowinangun, singkatan dari jobo winangun.

Fasilitas tambahan yang di sediakan masyarakat adalah sebuah rumah panggung yang bisa di manfaatkan sebagai base camp,. Ukuran base camp bisa untuk menampung 10 – 15 orang, fasilitas base camp ini memang sangat di minati oleh para pendaki karang, karena adalah suatu pengalaman menarik yang akan didapatkan ketika menikmati keindahan lautan luas dengan tojolan karang indah, berjejer seperti pagar, di tambah lagi jika beruntung, pengunjung akan mendapati kera ekor panjang, sedang menari bergelantungan di atas pepohonan, dikabarkan spesies ini sudah mulai menghilang, maka dari itu, kera ekor panjang dilindungi oleh pemerintah.

Lokasi Pantai Siung Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat lokasi: 8010’55”S 110040’58”E – wisata pantai Gunungkidul jogja.

Rute dari Yogyakarta Menuju Pantai Siung

Kota Jogja – Wonosari – Pertigaan Mulo – Lurus masuk ke area Jejeran Pantai Baron – Tepus – Pertigaan Winangun – Pantai Siung.

Atau bisa meggunakan jalur dari yogyakarta menuju Wonosari ke arah Tepus dan selanjutnya Purwodadi kemudian sampai di Pantai SIung. Jalur lainnya, dari Yogyakarta menuju imogiri ke Gunungkidul, namun jalan ini berlubang maka tidak di rekomendasikan.

Harga tiket masuk sebesar Rp 5000- dan parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor serta Rp 3000 untuk mobil. berikut fasilitas yang diberikan ketika anda berkunjung ke Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta.

– Kamar Mandi
– Parkir Luas
– Pondok Pemanjat
– Warung
Surga para pemanjat tebing, Siung punya segalanya, walau tidak se-tenar Pantai Baron, wisata Pantai Siung menjadi pilihan pertama bagi para pencinta alam. Salam..

Gallery Photo

Pantai Siung Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung Yogakarta

Pantai Siung Gunung kidul

Author: