Pantai Siung, Pantai 1000 Karang

 Wisata Alam

Pantai SiungPantai Siung merupaka pantai yang terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Keindahan Pantai Siung tidak kalah dengan keindahan Pantai Indrayanti yang notabennya lebih terkenal dari Pantai Siung.

Pantai Siung memiliki pasir pantai yang putih makin menawan dengan perbaduan karang yang lari dari laut. Karang tersebut bisa berupa rumput laut, kerang-kerang yang tidak berpenghuni, bahkan binatang laut kecil yang sudah mengering. Karang-karang tersebut bisa berada di pantai banyak penyebabnya, salah satunya karena ombak pantai yang bergulung dari laut menuju pantai. Bahkan dari seretan kapal para nelayan yang dari berlaut.

Nelayan di Pantai Siung juga memiliki tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan. Tempat pelelangan tersebut biasanya terletak di pinggir pantai, sehingga pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh ikan dari hasil tangkapan nelayan bisa langsung membawa pulang ikan yang masih segar setelah membayar ke nelayan.

Selain pasir pantai yang menawan, Pantai Siung juga memiliki tebing yang bisa di gunakan untuk kegiatan panjat tebing. Pantai Siung memiliki banyak track yang dapat digunakan oleh climber (sebutan pemanjat tebing). Terdapat lebih dari 100 track di Pantai Siung. Karena tracknya yang banyak membuat  Pantai Siung di sebut sebagai “The Paradise of Climber”. Sebutan tersebut tidak asing terdengar di kalangan climber di Gunungkidul maupun luar  Gunungkidul.

Keindahan Pantai Siung tidak berhenti di pantainya yang menawan dan tracking climb saja. Di Pantai Siung juga terdapat “Bukit Romance” karena suahsana yang romantis dan sering di kunjungi oleh pasangan-pasangan muda yang saat berkunjung di Pantai Siung. Jika kamu menaiki bukit tersebut awalnya memang lelah tetapi begitu sampai di atas bukit lelah itu akan tergantikan oleh pemandangan laut lepas di depan mata.

Untuk sampai di Pantai Siung pengunjung harus bersiap dengan kendaraan pribadi. Baik mobil atau motor, karena untuk menjangkau Pantai Siung belum ada angkutan yang sampai ke Pantai Siung. Angkutan umum hanya sampai di Kecamata Tepus, karena angkutan yang terbatas menyebabkan datangnya angkutan sangat lama.

Harga tiket untuk dapat menikmati keindahan Pantai Siung hanya dengan membayar retribusi masuk kawasan Rp. 10.000. Fasilitas yang terdapat di Pantai Siung kamar mandi umum, mushola dan lahan parkir yang luas.

Galerry Photo

Bukit Romance Pantai Siung

Pantai Siung tebing

tebing di panta siung

Tebing Pantai Siung

tebing track pantai siung

 

Author: