Pantai Seruni Tersembunyi Emas Menawan

 Wisata Pantai

Pantai Seruni WonosariKawasan indah dengan perbukitan menjulang menampakan keganasannya, Gunungkidul surga para wisata, tidak hanya gua dan pasir putih yang terkenal, bahkan pantai bernuansa Tambang Emas pun ada di Kota Thiwul yang satu ini, yaitu Pantai Seruni.

Seruni adalah nama bunga, bahasa latin dari bunga tersebut adalah Chrysanthemun atau lebih dikenal dalam bahasa Yunani dengan nama Chrysous atau Emas. Keberadaan bunga tersebut adalah asal dari nama Pantai Seruni Gunungkidul Yogyakarta, kawasan objek wasata ini cukup dekat dengan Pantai Indrayanti dan Goa Pindul.

Landscape indah Pantai Seruni Gunungkidul begitu menawan, mata anda akan bermanja ria dengan semua yang tersaji di area pantai tersebut. Mulai dari batuan karang di bibir pantai, bersih pasir putih, pandangan akan bebas tanpa terhalang apapun ketika berhadapan ke laut, view romantis untuk menikmati sunset serta eksotis ketika bersandar di gubuk kecil buatan warga, memang disediakan untuk para pelancong yang bersinggah.

Pantai Seruni juga cocok digunakan untuk tempat camping dan mancing. Akses jalan yang cukup menantang memang menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang menambah penasaran ketika akan datang, sangat di sayangkan bila pantai ini dilewatkan dari agenda liburan anda ketika di Gunungkidul Jogja.

Ada 2 cara untuk menuju pantai seruni, pertama menggunakan perahu dan kedua berjalan kaki, tempat parkir belum tersedia, jadi ketika berkunjung disarankan untuk memarkir kendaraan di Pantai Pok Tunggal, lalu berjalan setapat lurus melewati menyusuri pantai, namun tunggu air surut, rintangan tersebut akan terbayar dengan keindahan pantai emas masih perawan.

Jika tetap ingin menggunakan kendaraan juga ada alternatif, menggunakan sepeda motor lalu diparkirkan di ladang penduduk, jangan lupa di kunci stang. Jika hari sudah sore, mungkin pilihan ke dua bisa menjadi pilihan pas, yaitu menggunakan kendaraan pribadi anda, karena ketika sore melewati bibir pantai bukan pilihan tepat, saat itu air laut mulai pasang dan malah menjadi berbahaya.

Pantai Seruni masih sepi dari keramaian, penduduk aslinya pun jarang terlihat dikawasan tersebut. Namun, jangan salah, itulah yang membuat pantai ini begitu menarik, mencari ketenangan, disinilah tempatnya, fokus melihat indahnya hamparan lautan maha luas, pasir putih bersih tanpa banyak bekas jajanan, tak heran pengujung dikawasan tersebut seperti tidak mengenal waktu.

Uniknya lagi, berjalanlah ke arah timur pantai, disana terdapat sumber air tawar mengalir tanpa mengenal musim. Sumber air tawar tersebut sudah dilengkapi bak penampungan serta dilengkapi dengan pipa pancuran, bentuknya mirip dengan air terjun mini, sehingga anda tidak perlu repot jika ingin membersihkan badan selesai bermain di pantai.

Pantai Seruni juga menyimpan potensi wisata mancing dan camping,  menambatkan pancing, serambi duduk manis di bibir pantai, menikmati sejuknya udara serta bercengkrama bersama teman maupun saudara akan terasa sangat menyenangkan. Camping dengan tema back to natural, dimana benar-benar kembali pada alam hanya disini tempatnya.

Pantai Seruni terdapat diantara Pantai Pok Tunggal dan Pantai Ngetun, lengkapnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. untuk mencapai lokasi, ikuti saja jalan menuju Pantai Pok Tunggal.

Rute menuju Pantai Senuri dari Jogja

Jogja – Wonosari – Jalan Menuju Baron – Prtigaan TPR Pantai Baron ambil Kiri (timur) – Pantai Kukup – Pantai Sundak – Somandeng – Pulang Sawal – Pok Tunggal – Pantai Seruni.

Atau..

Jogja – Wonosari – Jalan Baron – Pertigaan Mulo – Tepus ambil kiri (timur) – Kecamatan Tepus – Pulang Sawal – Pok Tunggal – Pantai Seruni.

Gallery Photo

Pantai Seruni Gunungkidul

Pantai Seruni Yogyakarta

Pantai Seruni

Author: