Pantai Sepanjang “Kuta versi Djogjakarta”

 Wisata Pantai

Pantai SepanjangBerjalan-jalan kepulau bali, mengunjungi pantai kuta, keindahannya tak terpungkiri, namun, sayang jauh sekali ? alternatifnya ada di kota pelajar ibu pertiwi, Djogja, punya Pantai Sepanjang seperti layaknya kuta Bali.

Menyimpan sejuta pesona, konon Pantai Sepanjang merupakan saudara kembar dari Pantai Kuta bali. Sepanjang berkibar diantara Drini dan Kukup serta masih satu jejeran dengan Pantai Sundak, termasuk koleksi pantai baru digugusan Pantai Baron, Objek Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai Sepanjang menawarkan pemandangan keindahan pasir pantai yang maha luas. Nuansa pantai kuta zaman dulu adalah sebutannya, mulai dari garis panjang berlandaskan pasir pantai berhiaskan bekas hasil laut, hingga ombak melaju sedang kearah daratan hanya dimiliki oleh Sepanjang.

Sesuai dengan namanya, alasan mengapa pantai diberi nama Pantai Sepanjang, hal tersebut dikarenakan memiliki garis pantai terpanjang diantara beberapa pantai disekitarnya. Suasana pantai masih sangat alami, bibir pantai di pagari tumbuhan palem, berderetan rapi menambah keindahan pantai.

Aktifitas yang dapat dilakukan dipantai tersebut cukup banyak, mulai dari bermain pasir pantai, berjemur, melihat pemandangan indahnya atau berselancar dapat anda nikmati begitu tiba di Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta.

Air laut masih bersih dan belum tercemar, terlihat betapa alaminya air pantai ketika sedang menari membentuk ombak, warna biru dan putih dominan beradu, sampai di pasir putih warna akan berubah menjadi sedikit kecoklatan. Gubuk-gubuk beratap daun kering hiasi area pantai, tidak ada cafe atau cottage mewah disana, kealamian masih sangat terjaga, dampaknya, suasana menjadi lebih menyenangkan, tanpa sampah berlebih, menikmati indahnya sunset di Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta akan lebih berkesan karna dekat dengan alam.

Tak hanya itu, kebudayaan masyarakat Pantai Sepanjang juga masih kental dengan cerita mistis laut selatan. Tak ada bangunan maupun perahu yang bersandar di pinggir pantai, hanya ada beberapa gubuk yang ditempati penduduk setempat, dari pinggir pantai juga akan terlihat ladang kedelai milik warga, jika memandang ke arah belakang pantai, terdapat dua bukit, lerengnya dipergunakan warga untuk menanam jagung sebagai sumber makanan pokok daerah tersebut.

Ketika laut sedang surut anda akan melihat karang-karang muncul dibibir pantai, landainya air laut membuat masyarakat enggan untuk melaut. Landai air laut secara langsung memperlihatkan kekayaan laut yang luar biasa, para wisatawan dapat menemukan kerang-kerangan, berbagai jenis ikan kecil, ganggang laut, bulu babi dan rumput laut yang terdapat dalam cekungan atau lubang diantara batuan karang. Hati-hati ketika ada diatas batuan karang, tetap menggunakan alas kaki, bulu babi yang tajam siap menancap jika tidak teliti.

Dalam keadaan surut, biasanya para penduduk asli pinggiran pantai mulai berburu untuk mendapatkan sedikit kekayaan lautan dengan mengamati setiap celah yang ada di landainya air, akan ditemukan berbagai jenis karang dan rumput laut, hasilnya untuk dijual atau dikonsumsi sendiri oleh masyarakat sekitar.

Di Pantai Sepanjang juga mempunyai Situs sejarah yaitu Banyusepuh. Banyu (air) dan Sepuh (tua) konon merupakan tempat mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh pusaka para wali. Karena tidak dirawat, situs kini sekarang tinggal kubangan kering berpagar tanaman liar saja, keberadaannya hanya warga asli pantai yang tau, jika ingin melihat, harus bertanya pada warga.

Dapatkan cinderamata yang terbuat dari kerang laut, penjualnya membuat sendiri. Oleh-oleh berupa kerajinan berbahan dasar kerang dapat berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan dan masih banyak lagi.

Wisata kuliner ala suasana pantai kuta bali juga ada Di Pantai Sepanjang Gunungkidul. Aneka olahan makanan laut banyak dijual digubug-gubug sekitaran pantai, selain itu makanan seperti mie instans dan nasi goreng juga tersedia, minuman es kelapa muda hingga teh hangat juga ada.

Lokasi Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. tepatnya satu kilometer sebelah timur Pantai Kukup, Koordinat GPS : S809’12” E110034’0” – Wisata Pantai Gunungkidul.

Rute Menuju Pantai Sepanjang Dari Kota Jogja

Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – LANUD TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pertigaan masuk kawasan Pantai Baron ke timur – Pitu masuk Pantai Kukup ke timur – Pantai Sepanjang.

Restribusi sebesar Rp 10.000 dipintu masuk jejeran pantai baron, berikut fasilitas di Pantai Sepanjang

– Lahan Parkir, motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000
– tempat makan
– Lincak atau tempat duduk pinggir pantai
– Kamar mandi
– Penginapan

Selamat Berlibur…

Gallery Photo

Pantai Sepanjang Gunung kidul

Pantai Sepanjang Gunungkidul

Pantai Sepanjang Yogya

Pantai Sepanjang Wonosari

 

 

 

Author: