Pantai Sadranan Wonosari, Gunungkidul

 Wisata Pantai

Pantai SadrananPadusan berasal dari kata “Adus” yang berarti “Mandi” jadi dari arti kata Padusan dapat di artikan mensucikan diri. Padusan merupakan salah satu ritual yang sering di lakukan oleh sebagian masyarakat muslim di Gunungkidul ketika akan memasuki bulan suci Ramadhan. Biasanya masyarakat melakukannya di sumber mata air (sendang), kali, bahkan di Pantai.

17 Juni 2015, tepatnya sehari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan masyarakat di Pantai Sadranan melakukan ritual Padusan. Ritual ini menarik pengunjung dari dalam daerah di Gunungkidul maupun luar Gunungkidul. Saking asyiknya mereka menikmati keindahan di Pantai Sadranan hingga membuat pengunjung terlena akan bahaya yang mengancam. Tebing setinggi 15 Meter tiba-tiba runtuh menimpa pengunjung yang sedang berteduh dari panas sinar matahari di bawah tebing tersebut.

Pantai Sadranan memiliki banyak tebing-tebing yang menjulang tinggi sehingga membua pengunjung harus selalu waspada jika berada di bawah tebing. Di samping bahaya yang selalu mengintai setiap pengunjung, Pantai Sadranan menyimpan berjuta keindahan yang membuat mata siapapun terlena.

Kecantikan biota bawah laut yang beraneka ragam menambah daya tarik tersendiri di Pantai Sadranan. Tanpa harus menyelam Kamu sudah bisa melihat keindahan bawah laut di Pantai Sadranan. Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang dapat di gunakan untuk senorkling di Guungkidul. Pantai Sadranan memiliki banyak tempat ntuk persewaan alat senorkling. Jadi kamu gak perlu takut gak bisa menikmati pesona biota laut dengan lebih dekat lagi.

Jika kamu sudah punya alat untuk senorkling di rumah bisa kamu bawa biar praktis tidak mengeluarkan untuk biaya sewa.

Selain memiliki keragaman Biota yang mempesona Pantai Sadranan juga memiliki bukit yang terendam air laut sehingga ketika air laut sedang surut Kamu bisa menjamah bukit tersebut yang memberi kesan seakan kita sedang berada di pulau kecil.

Pantai Sadranan menyimpan berjuta keindahan yang membuat kita enggan untuk tidak mengunjunginya lagi jika Kam sudah pernah kesana. Walaupun Kamu baru pertama mengunjungi Pantai Sadranan Kamu akan jatuh cinta pada kunjungan pertama Karena suahsana, biota laut, dan hamparan pasir yang mempesona.

Rute yang harus di lalui untuk dapat sampai di Pantai Sadranan Kamu bisa melewati jalan beraspal. Jika Kamu dari arah Yogyakarta kamu harus ambil arah Wonosari, nanti di jalan sudah ada arah  petunjuk ke Pantai, lebih tepatnya arah selatan kota Wonosari. Untuk menuju arah selatan kota Wonosari atau ke Pantai kamu hanya melewati jalan braspal yang hanya ada satu jalur untuk menuju Pantai. So, Kamu gak perlu khawatir tersesat atau tidak sampai di Pantai. Karena petunjuk arah ke Panti sangat jelas dan mudah di pahami, kamu tinggal ambil arah yang ke Pantai Sadranan.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Sadranan, kamar mandi, tempat ibadah,lahan parkir yang luas untuk roda dua dan roda empat.

Galerry Photo

pantai sandranan gunungkidul

Pantai Sadranan Wonosari

Pantai Sadranan Senorkling

Pantai Sadranan Penginapan

Author: