Pantai Porok, Blusukan yuk ?

 Wisata Pantai

Pantai Porok WonosariMenikmati keindahan Pantai Kukup dari gardu pandang, sekilas mata memandang lautan, hingga akhirnya ada sebuah pengelihatan terperangkap ke sisi timur, ada sebuah pantai dengan keindahan luar biasa terlihat dari sana, terlihat mungil, cukup tenang, pantai ini memang perlu di pijaki, keinginan hati ketika memandang dari kejauhan, lihat dan buktikan keindahannya, sebuah pantai bernama Pantai Porok siap menjelajah.

Tahun 2013 yang lalu, Pantai Porok Gunungkidul pernah dikelolah atau dirintis Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kawasan kars pertama sebagai penghasil melon. Jika beruntung, maka para pelancong akan melihat aktifitas penduduk diperkebunan melom disaat musim buah.

Hanya dengan berjalan kaki Pantai Porok bisa dijangkau, tracking ringan, melewati jembatan antar batu karang dari Pantai Kukup mengambil arah kiri atau timur pantai. jalan ini hanya bisa dilewati ketika laut sedang surut, diperjalanan, akan ditemui beberapa hal unik seperti observasi rumput laut, karang-karang berjajar rapi serta aneka biota laut, banyak ikan kecil menari-nari, hal ini yang akan membuat perlajanan para wisatawan menjadi sangat nyaman.

Suasana area pantai cenderung sepi, kelebihan Pantai Porok adalah landainya air serta ombak yang tidak begitu besar, cukup aman bagi anda yang ingin berenang. Karena masih sepi, pantai mungil nan eksotis ini adalah tempat yang pas untuk menenangkan pikiran, jika tracking masih dirasa belum cukup, pelancong pecinta alam bisa menyusuri pantai disekitarnya, yaitu Pantai Lolang dan Sepanjang.

Selain dari Pantai Kukup, rute menuju Pantai Porok bisa ditembuh melalui rute kawasan dari pantai Lolang. Untuk mencapai lokasi pantai, ingat hanya bisa dengan berjalan kaki, disini lah tantangannya, dari Pantai Lolang bisa menaiki bukit dipantai sebelah barat atau bisa mengitari bukit tersebut melewati perladangan penduduk sekitar, hati-hati ketika berjalan, karena jalan masih alami, banyak ditumbuhi semak belukar, pemandangan tumbuhan pandan akan terlihat tumbuh subur, selain itu batuan kars khas wonosari agak sedikit terjal, tetap menggunakan alas kaki.

Pantai Porok bisa menjadi wisata Blusukan alternatif ketika pantai Kukup sedang ramai. Sepi, tapi jangan salah, keindahan panorama alamnya akan membuat siapa pun terpesona, keindahan yang perlu di eksplor jauh lebih dalam, andai saja akses jalan ke kawasan ini diperbaiki, saya yakin akan banyak yang datang, karena disini sangat berbeda, bayangkan, sebuah pantai yang terbilang luas, udara sejuk, suasana redup pantai, teduh karena terdapat banyak pohon tumbuh liar disekitar pantai seperti pohon cemara tampil kokoh seperti pagar, karang terselip berbagai jenis ikan kecil yang berkejaran, selain itu, tumbuhan vegetasi khas Gunungkidul seperti pohon pandang membentang membentuk garis pembatas wilayah daratan dan lautan, air tenang, bersih serta cocok untuk berenang, ini sangat potesial menjadi objek wisata menarik di Gunungkidul Yogyakarta.

Lokasi Pantai Porok terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. cek peta untuk lokasi detailnya, lokasi pantai dekat dengan pantai Kukup, selain itu beberapa pantai lain juga lumayan dekat.

Rute Menuju Pantai Porok dari Yogya

Kota Jogja – Imogiri – Panggang – Jl. Saptosari – Tepus – Ikuti Petunjuk arah Pantai Baron – Masuk Restribusi – Pantai Kukup – Pantai Porok.

Restibusi Pantai Rp 10.000 untuk seluruh kawasan pantai digugusan pantai baron termasuk Pantai Porok, karena blusuk (tersembunyi) maka jarang ada yang mengetahui lokasi pantai, kendaraan bisa di parkirkan di Pantai Kukup, fasilitas di Porok belum ada, tapi keindahan pantai sangat luar biasa, selamat berkunjung, Salam…

Galeri Foto

Pantai Porok Gunung kidul

Pantai Porok Gunungkidul

Pantai Porok Wonosari, Gunungkidul

Pantai Porok

Author: