Pantai Ngobaran Tanah Lot-nya Gunungkidul

 Wisata Pantai

PanPantai Ngobarantai Ngobaran adalah satu-satunya pantai di Tanah Jawa yang sangat kental dengan suahsana Pulau Bali. Walaupun Pantai Ngobaran terletak di Kabupaten Gunungkidul yang sekarang di dominasi oleh masyarakat yang menganut Agama Islam. Pantai Ngobaran sangat bertolak belakang dengan keadaan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul. Karena Pantai Ngobaran bercorak seperti pantai yang dimiliki oleh Pulau Bali yang masyarakatnya di dominasi Agama Hindu jadi tidak heran jika di Pulau Bali memiliki Pura di tepi pantai yang di gunakan untuk beribadah.

Pantai Ngobaran memiliki Pura yang saat inipun masih di gunakan untuk beribadah. Tentu tidak semua orang bisa masuk ke dalam Pura tersebut. Tak hanya Pura di Pantai Ngobaran juga terdapat bangunan patung yang di percaya sebagai Dewa oleh penganut Agama Hindu.

Pantai Ngobaran konon di Gunakan sebagai tempat pelarian Putra Raja Majapahit yang tidak menginginkan peperangan terjadi. Sehingga Putra Raja Majapahit tersebut memutuskan untuk membakar diri di Pantai tersebut. Sehingga pantai tersebut lebih dikenal dengan sebutan Pantai Ngobaran. Berasal dari kata “Kobaran” yang di ambil dari Api yang Berkobar mendapat imbuhan “Ng” sehingga Pantai Ngobaran bisa di artikan Pantai yang Berkobar-kobar.

Pantai Ngobaran terletak di tepi laut, dan berada di atas tebing. Walaupun berada di atas tebing Pantai Ngobaran memiliki plataran yang luas sehingga Kamu tidak perlu khawatir atau takut terjatuh. Darai plataran yang terdapat di Pantai Ngobaran Kamu bisa langsung melihat pemandangan laut lepas dengan mata telanjang. Kapal nelayan yang menembus Lautan dapat terlihat dari Plataran tersebut.

Di plataran Pantai Ngobaran terdapat patung-patung yang berdiri kokoh. Kebanyakan patung menghadap ke Laut, seolah-olah patung-patung tersebut memberi penghormatan kepada Laut. Di sudut Plataran terdapat semacam tempat yang digunakan untuk bertapa dan menghadap ke Laut juga.

Tumbuhan bunga Kamboja juga tumbuh subur dan memekarkan bunganya. Menambah ke khasan suahsana bagaikan di Pulau Bali. Ketika Kamu menghadap ke barat dan melihat kebagian atas terlihat ada bangunan semacam Pura. Yang menggoda Kamu untuk naik ke Atas bukit tersebut. Untuk menaiki bukit tersebut sudah ada anak tangga yang bisa di lalui. Tetapi bangunan tersebut pintunya terkunci, membuat Kamu penasaran ingin melihat bangunan di dalamnya. Kamu harus melihat dari belakang karena tembok beteng belakang bangunan tersebut lebih rendah. Di dlam pagar terdapat bangunan tertutup, semacam makam di dalamnya.

Untuk menuju Pantai Ngobaran Kamu harus menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Karena angkutan umum belum menjangka kawasan pantai. Jika Kamu dari Arah Yogyakarta, Kamu harus menjalankan kendaraan Kamu menuju arah Wonosari. Dari Wonosari Kamu ambil arah Pantai. Karena di Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak Pantai Kamu bisa Memilih arah Pantai Ngobaran.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Ngobaran adalah kamar mandi umum, tempat ibadah dan tempat parkir yang memadai untuk memarkir kendaraan pribadi kamu.

Untuk bisa memasuki Pantai Ngobaran Kamu harus membayar retribusi masuk kawasan Rp. 5.000/orang.

Galeri Foto

Pantai Ngobaran gunung kidul

Pantai Ngobaran Gunungkidul

Pantai Ngobaran Wonosari

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Author: