Pantai Ngetun Surga Tersembunyi Telur Penyu

 Wisata Pantai

Pantai Ngetun TepusSeperti tempat observasi namun tidak terjamah sentuhan manusia, Pantai Ngetun seperti istana laut terbuka bagi para penghuninya, setelah mengunjungi Pantai Pok Tunggal dan Pantai Seruni cobalah datang Ke Ngetun, dijamin akan menambah pengalaman anda ketika berwisata dijogja.

Aquarium laut terbuka digunungkidul memang tidak ada habisnya, memang tersembunyi namun sangat mengesankan. Keberadaan Pantai Ngetun memang belum banyak orang yang tahu, namun banyak turis yang sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan paroramanya yang masih terbilang perawan.

Pantai Ngetun merupakan tempat Penyu bertelur, aneka biota laut lainya juga banyak di lokasi ini. memang sangat cocok sebagai tempat memancing, selain itu terdapat Sumber Mata Air dekat bibir pantai, gaya rock fishing juga menjadi andalan para mancing mania ketika berada di kawasan wisata tersebut.

Secara keseluruhan Pantai Ngetun adalah tempat  para pelancong yang menyukai tantangan. Sepinya pengunjung bukan berarti dikarenakan pantai kurang menarik, namun dikarenakan akses jalan menuju lokasi pantai tergolong sulit, kondisi jalan super sulit itu ditempuh 3 km dari tepi jalan raya.

Sempitnya ruas jalan, mengharuskan para wisatawan harus menggunakan sepeda atau motor untuk menjangkau lokasi pantai. Medan yang harus di tempuh juga sangat sulit, bebatuan terjal, jalan berkelok naik dan turun mengharuskan wisatawan dalam kondiri prima dan fokus, selain itu, memasuki musim penghujan, tantangan akan semakin ekstrim, jalan menjadi sangat licin dan berlumpur.

Setelah melewati dua pedesaan, pohon beringin besar akan tampak kokoh tumbuh dari sini jalan cor semen akan anda lewati. Hambatan demi hambatan akan ditemui ketika akan menuju lokasi Pantai Ngetun, hati-hati pada turunan curam di tepi jurang, bagai di tengah hutan, seperti mencari sesuatu yang hilang, cukup menantang bukan.

Kurang dari satu kilometer dari pantai, gemercik air yang berasal dari Sumber Mata Air akan memecahkan keheningan, serta menambah semangat, karena itu menandakan bahwa Pantai Ngetun Gunungkidul Yogyakarta sudah dekat, ketika sampai, maka pohon pohon rindang membentuk sebuah pintu selamat datang, perjalanan melelahkan tersebut terbayar dengan panorama alam luar biasa dimiliki oleh Ngetun.

Bagai mengucapkan selamat datang, pasir putih bersih dan halus bak seperti karpet merah yang mengarah ke arah panggung, hamparan luas lautan biru memamerkan pesonanya dengan malu-malu, sesekali akan ada hewan kecil, termasuk binatang amfibi berkejajaran di atas pasir puti pantai.

Pantai ini diapit oleh 2 bukit tinggi dan diatas kedua bukit itulah biasanya warga menggunakannya sebagai tempat memancing lobster, aneka hejin pohon tumbuh rindang meneduhkan suasana pantai yang terkenal panas.

Tidak hanya para wisatawan yang menyukai tantangan, datang ke Pantai Ngetun Gunungkidul Yogyakata, namun hewan seperti ubur-ubur terkadang juga berenang hingga bibir pantai, hati-hati ketika bermaindi pantai ini, jadi tetap menggunakan alas kaki.

Selain ubur-ubur, ada kalomang, penghuni asli Pantai Ngetun, mudah ditemukan. Kalomang tergolong dalam jenis kepiting kecil, tidak memiliki cangkang yang keras, mereka hidup dibalik dipasir pantai.

Secara administratif Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngetun Dari Yogyakarta

Yogya – Wonosari – Jalan Menuju Baron – Pertigaan Mulo – Tepus belok kiri (timur) – Kecamatan Tepus – Pulang Sawal (Indrayanti) – Pok Tunggal – Pantai Seruni – Pantai Ngetun.

Galeri Foto

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun Wonosari

Pantai Ngetun Gunungkidul

Pantai Ngetun Gunung kidul

Author: