Pantai Ngeden Gunungkidul

 Wisata Pantai

pantai ngedenPantai Ngeden terletak di Padukuhan Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngeden belum terlalu terlalu banyak di kenal. Sampai tulisan ini di turunkan Pantai Ngeden masih dalam tahap pembangunan. Terlihat dari jalannya, kurang lebih 2Km sebelum Pantai Ngeden jalan masih berupa cor block.

Setelah sampai di Pantai Ngeden selain hari Libur kata yang sangat tepat untuk menggambarkan suahsana Pantai Ngeden adalah “Sepi”. Ya keadaan Pantai Ngeden selain di hari Libur memang sepi. Tapi buat Kamu yang tidak suka keramaian mungkin akan merasa sangat senang. Karena di balik suahsana yang sepi menyimpan berjuta kedamaian di sana. Karena Pantai Ngeden masih tergolong baru, sehingga siapa saja yang berkunjung serasa di pantai milik sendiri.

Di Pantai Ngeden sudah banyak kios-kios yang menjajakan aneka makanan. Tapi karena pas tidak hari libur kios-kios tersebut cenderung tutup. Bahkan tak ada satupun kios yang buka, buat Kamu yang berkunjung di hari kerja Kamu harus siap-siap membawa bekal untuk erjaga bila perut kamu kelaparan.

Karena suahsana yang sepi Kamu akan merasa betah berada di Pantai Ngeden, jiwa Penjelajah Kamu akan muncul. Pantai Ngeden hanya memiliki pantai yang tidak terlalu luas, luas Pantai Ngeden kurang lebih 400meter X 200meter. Karena masih dalam tahap pembangunan terlihat para pekerja sedang membersihkan pasir pantai dari rumput liar yang tumbuh di atas pantai.

Walaupun tidak memiliki hampara pasir yang luas Pantai Ngeden memiliki Pendopo yang terletak di balik tebing. Karena pendopo tersebut langsung menghadap ke Laut Lepas. Untuk menuju pendopo tersebut sudah ada jalan setapak yang sudah di cor block. Kamu hanya perlu mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Pendopo.

Sebelum sampai di Pendopo tersebut Kamu akan menemukan semacam Goa, tetapi tidak bisa di masuki. Goa tersebut langsung turun menuju laut, Kamu hanya bisa melihat melalui bibir Goa dan bisa merasakan terpaan angin yang lebih lembab dari dalam Goa tersebut. Setelah melewati di depan Goa tersebut sudah terlihat beberapa Pendopo yang menghadap ke Laut. Tetapi Pendopo tersebut belum yang paling tinggi.

Masih ada satu Pendopo yang letaknya berada di tempat yang lebih tinggi bila di bandingkan dengan Pendopo lainnya. Untuk mencapai Pendopo utama Kamu harus mensiapkan tenaga, untuk menaiki anak tangga. Setelah sampai di atas “Keren!” salah satu kata yang sangat pas untuk menggambarkan keindahan pemandangan laut lepas. Yang tergambar secara jelas di depan mata.

Karena Pendopo di bangun di atas tebing, Kamu bisa melihat Pemandangan laut lepas, Mercusuar Pantai Baron, Pendopo yang terletak di dekat Pantai Ngobaran. Walaupun terletak di atas tebing Kamu tidak perlu khawatir jatuh ke laut, karena sudah ada pembatas yang terbuat dari kayu. Sehingga Kamu akan merasa lebih Aman.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Ngedan seperti kamar mandi umum, mushola, dan tempat parkir. Karena masih dalam tahap pembangunan Kamu tidak di punggut biaya retribusi masuk kawasan (gratis).

Rute yang harus kamu lewati jika dari :

Yogyakarta > Wonosari > Paliyan > Panggang > Pertigaan Kantor Balai Desa Jetis ambil Kiri > Karena kamu masuk di pedesaan yang banyak gang-gang masuk kamu hanya perlu mengikuti Plang anak Panah yang ada.

Galeri Foto

pantai ngeden gunungkidul

Pantai Ngeden Saptosari

Pantai Ngeden Wonosari

Pantai ngeden yogyakarta

 

Author: