Pantai Baru…

 Wisata Alam, Wisata Pantai

Pantai BaruPantai Baru terletak di Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di sebut Pantai Baru karena baru di resmikan pada bulan Mei 2010. Pantai Baru terbilang belum banyak di kenal jika di bandingkan pantai lain di Bantul. Walaupun begitu Pantai Baru memiliki panorama yang unik jika di bandingkan dengan pantai lain di Bantul.

Pantai Baru memiliki panorama yang jarang di temukan di pantai Yogyakarta lainnya, yaitu kincir angin. Ya, di Pantai Baru terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH), ketika memasuki Pantai Baru wisatawan akan di sambut dengan puluhan kincir angin yang berdiri tegak  di antara kebun dan pepohonan.

Suahsan Pantai Baru semakin teduh dengan adanya pohon cemara menjadi perpaduan yang sempurna dengan birunya air laut dengan hijaunya daun cemara. Semilir angin yang berhembus menghilangkan teriknya matahari di siang hari. Membuat siapa saja yang berkunjung di Pantai Baru menjadi betah berlama-lama menikmati suahsana Pantai.

Teduhan pohon cemara udang membuat matahari siang tidak terlalu terik. Udara di sekitar pantai justru terasa sejuk seperti berada di hutan, tanpa ada rasa gerah yang sering kita rasakan di pantai-pantai lain. Hal ini membuat Pantai Baru cocok dikunjungi untuk bersantai bersama keluarga dan orang tersayang.

Dengan  tiduran di tikar atau hammock, wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang sejuk. Ngobrol bersama kawan pun terasa asyik ditemani es kelapa muda yang banyak dijual di sekitar kawasan pantai. Jika bosan, kita juga bisa mengendarai motor ATV sambil menjajal trek berpasir yang naik-turun di sekitar hutan pantai.

Setelah puas menikmati pesona pantai wisatawan bisa melihat kincir angin. Dengan kehadiran beberapa kincir angin yang ada di sepanjang jalan menuju Pantai Baru. Ada puluhan menara kincir angin yang berdiri tegak di antara kebun palawija. Ukurannya memang tidak sebesar kincir angin di Eropa yang bisa mencapai tinggi ratusan meter, namun kehadirannya sudah cukup menyita perhatian.

Tiangnya terbuat dari besi yang disusun seperti menara seluler, dengan baling-baling besar di ujungnya. Baling-baling ini memiliki struktur khusus yang bisa bergerak bebas secara horizontal. Sebuah sirip di bagian belakang menjadi pengendali utama pergerakan struktur ini, sehingga baling-baling tersebut bisa bergerak tepat ke arah datang angin untuk memaksimalkan tenaga kinetik yang ditangkap.

Rupanya kincir tersebut merupakan hasil bantuan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) pada tahun 2010. Bantuan ini merupakan bagian dari program uji coba pembangkit listrik tenaga alternatif untuk mencukupi kebutuhan energi di kawasan wisata Pantai Baru. Selain menggunakan tenaga angin, rupanya pembangkit listrik ini juga menggunakan tenaga matahari dan biogas dari kotoran sapi milik warga.

Secara keseluruhan, sistem pembangkit listrik yang disebut Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) ini mampu menghasilkan energi yang cukup untuk menghidupi berbagai kebutuhan masyarakat di sekitar pantai baru, mulai dari kebutuhan listrik kios-kios makanan laut hingga menjalankan mesin pembuat es bagi para nelayan yang baru bersandar.

Dengan adanya kincir angin yang di fungsikan sebagai pemasok kebutuhan listrik di sekitar Pantai Baru. Kincir angin juga di harapkan sebagai daya tarik tersendiri untuk mengundang wisatawan untuk datang ke Pantai Baru dan di harapkan Pantai Baru juga bisa menjadi salah satu pantai Favorit bagi wisatawan.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Baru

  1. Kios-kios yang menjajakan makanan dan minuman.
  2. Toilet yang memadai.
  3. Tempat parkir kendaraan yang luas.

Retribusi masuk kawasan

Untuk bisa menikmati Pesona Pantai Baru wisatawan akan di pungut biaya masuk Rp. 5.000/ orang.

Akses Menuju Pantai Baru

Untuk menuju ke Pantai Baru bisa menggunakan kendaraan umum namun tidak terlalu banyak, agar wisata Anda nyaman kami sarankan membawa kendaraan sendiri baik roda dua maupun roda empat.

Penginapan Terdekat

Disekitar Pantai belum terdapat sarana hotel/penginapan dan yang paling dekat dengan lokasi diantaranya berada dikawasan Jl. Parangtritis atau Jl. Bantul yakni Brongto Hotel atau Dusun Jogja Village Inn.

Foto

Pantai Baru Bantul

Kincir angin Pantai Baru

Pantai baru Bantul, Yogya

Pantai Baru Yogyakarta

 

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.