Pantai Baron- Pantai Eksotis di Gunungkidul

 Wisata Pantai

pantai-baron-view-atas bukitSetelah mengunjungi Pantai Indrayanti yang berpasir putih, kami ajak Anda untuk mengexplorasi Pantai Baron, yaitu pantai yang lebih dulu terkenal sebelum pantai Indrayanti dan pantai pantai lainya di sekitar. Lokasi Pantai Baron terletak di sebelah barat Pantai Indrayanti, pantai ini berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, jaraknya sekitar 23km arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, merupakan pantai pertama yang ditemukan dari rangkaian kawasan pantai selatan kabupaten Gunungkidul.

Pantai Baron-Muara Sungai Bawah Tanah

Di pantai Baron ini bermuara sungai bawah tanah yang berair tawar, yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk mandi berbilas setelah bermain di laut. Sungai ini segar banget airnya, sehingga cocok untuk mengguyur badan setelah berenang di laut yang berair asin. Selain itu,  Anda bisa menikmati aneka jenis ikan laut  yang masih segar maupun yang sudah di masak, tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Pantai ini mempunyai makanan khas yang terkenal sejak jaman dahulu  yaitu Sop ikan Kakap. Kuahnya yang bening di padu dengan daging ikan kakap yang empuk sangat cocok sebagai laup makan siang Anda di pantai nan elok ini.
Pada sisi sebelah timur Pantai Baron menjulang bukit kapur yang tinggi, bila anda ingin menikmati pemandangan alam laut lepas yang terbentang dari atas bukit ini,  Anda bisa  menapaki jalan setapak melingkar yang telah di bangun menuju puncak bukit. Di atas bukit kapur ini, wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang(bangunan rumah kecil), sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Atau bagi Anda yang hobi memancing, dari atas bukit ini adalah tempat yang ideal untuk melempar kail ke tengah laut, tentu saja Anda harus berhati hati karena bukit ini lumayan terjal.

Di Pantai Baron pada setiap bulan Syuro masyarakat nelayan setempat menyelenggarakan upacara sedekah laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panenan ikan yang melimpah dan keselamatan mencari ikan di laut. Tentu saja even ini sangat unik dan sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke pantai ini.

Details Pantai Baron:
Alamat : Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Lokasi : Koordinat GPS 8°7’55″S 110°32’50″E
Harga Ticket : RP.6.000,- /pengunjung
Fasilitas :
1. Parkir Kendaraan
2. Mushola
3. Toilet Umum
4. Hotel
5. Warung makan/Restoran

pantai baron wonosari

perahu-nelayan-pantai-baron

pantai-baron-view-atas bukit

pantai baron wonosari view atas bukit

nelayan-pantai-baron

muara sungai pantai baron

laut lepas pantai baron

Photo by: Bing

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.