Misteri Goa Cemara di Yogyakarta

 Wisata Alam, Wisata Pantai

goa cemaraJika kita berbicara tentang goa, pasti tidak akan lepas dari apa itu gelap, sengap, lembab, sunyi, bahkan menyeramkan. Kemarin kita telah berpetualang di goa Pindul, Istilah goa yang berarti lubang dimana manusia berevolusi ini menjadi sangat umum dikaitkan dengan hal-hal tersebut. Tapi siapa sangka jika ada goa yang benar-benar berbeda dari asumsi banyak orang.

Sebenarnya ini hanya sebuah nama untuk sebuah pantai yang terletak di selatan dusun Patihan, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Goa cemara namanya. Seperti yang ditulis pada namanya, pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai sepanjang garis pantai Bantul. Cemara yang tumbuh disekitar bibir pantai tersebut, tumbuh lebat dan menggabung menyerupai sebuah goa. Jika anda berada didalamnya, anda memang benar-benar seperti di dalam goa. Hanya saja tidak ada kesan lembab, dan sengap didalamnya karena jika malam tiba, konsep menyeramkan mungkin memang pas untuk pantai ini. Di kalangan ABG jaman sekarang, pantai ini memiliki setting seperti dalam film twilight karena kesan pantai yang lebih mirip hutan ketimbang pantai.

Pantai berpasir hitam ini cukup mudah diakses dan fasilitas yang disediakan dipantai ini terbilang sangat cukup. Disisi utara sebelah timur pantai ini terdapat mercusuar putih yang tegak menantang, walau masih dipertanyakan status keaktifan mercusuar tersebut. Tetap saja, daya tarik pantai ini adalah pohon cemara yang berjejer-jejer mengitari pantai tersebut, karena kesan pantai yang ada disitu masih hampir sama dengan Parangtritis. Cemara yang tumbuh disekitar pantai ini memberikan kesan sejuk dan segar bagi anda yang ingin menghabiskan waktu sendiri, kekasih, ataupun keluarga disana. Dengan demikian, pantai ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

mulut goa cemaragoa cemara yogya
Petunjuk Lokasi :
Dari Jogja, ambil arah selatan ke Jl.Bantul. Lurus ikuti Jl.Bantul hingga sampai di kota Bantul. Lurus terus ke selatan lewati Masjid Agung Bantul. Lalu, ketika sudah berada dibagian selatan Bantul dan sampai di Kretek Abang, belok ke kanan hingga anda mendapati rambu-rambu ke Goa Cemara. Ikutilah rambu tersebut hingga anda sampai tujuan.
Harga Tiket : Rp.5000,-/motor (2 orang) ; (Mobil Opsional)
Fasilitas :
1.Warung Makan ( cukup banyak )
2. Mushola
3. Parkir Kendaraan
4. ATV
5. WC Umum

Author: