Misteri Bendungan Beton Terungkap!

 Wisata Alam

Bendungan Beton PonjongBendungan beton terletak di Dusun Sladi, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Bendungan Beton awalnya di dirikan untuk mengairi sawah-sawah warga agar bisa tetap panen walaupun di musim kemarau karena masyarakat setempat di dominasi oleh Petani. Akhirnya di bangunlah bendungan yang di fungsikan untuk menampung aliran air sungai dan air hujan.

Fungsi utama bendungan Beton sudah mencapai tujuan yaitu untuk mengairi sawah warga. Namun warga sekitar maupun warga dari luar daerah Ponjong sangat antusias untuk mengunjungi bendungan Beton.

Seiring perkembangan dan makin bertambahnya jumlah pengunjung untuk berwisata di Bedungan Beton. Membuat pihak pengelola dan warga setempat untuk membangun fasilitas penunjang untuk berwisata.

Fasilitas

Karena Bendungan Beton adalah  wisata air pihak pengelola membangun fasilitas berupa :

  1. Warung-warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman khas di daerah.
  2. Terdapat kolam pemancingan ikan tawar, untuk biaya di sesuaikan dengan berat ikan yang di dapat. Hasil tangkapan bisa lngsung di masak di warng-warung seputaran Bendungan.
  3. Terdapat permainan sepeda air, dan kapal kayu menggunakan mesin yang bisa untuk di gunakan bersama keluarga tercinta.
  4. Tempat parkir yang memadai.

 

Tiket

Untuk biaya masuk pengunjung tidak di pungut biaya, pengunjung hanya di minta untuk menjaga kebersihan dan keasrian Bendungan Beton.

Misteri yang Beredar di Masyarakat

Bendungan Beton memiliki panoraa yang sangat asri dan alami, karena bendungan Beton terletak di kaki bukit batuan kapur. Tumbuhan khas berupa pohon jati yang tumbuh di seutaran bukit menjadi sebuah paduan yang serasi. Tumbuhan pohon pinus yang berjajar di sekeliling Bendugan, membuat Bendungan tampak lebih hijau dan sejuk di pandang mata.

Namun di balik keasrian dan keindahan bendungan tersebut terdapat misteri yang beredar di masyarakat. Konon bendunga Beton di huni oleh sesosok ikan raksaksa yang mempunyai istana di dasar bendungan yang meminta tumbal saat bulan Suro. Banyak masarakat yang percaya dan tak sedikit juga yang tidak percaya.

Bendungan Beton sangat di larang untuk berenang, karena dasar Bendungan Beton bisa mencapai kedalaman lebih dari 5 meter. Walaupun sudah di peringati untuk tidak berenang ada saja pengunjung yang nekat untuk berenang di bendungan Beton. Membuat jatuhnya korban atas kelalaian pengunjung sendiri.

Menurut warga pernah ada kejadian dua orang pemuda yang iseng bertaruhan untuk menyelam di Bendungan Beton. Namun karena satu pemuda tersebut tidak bisa berenang akhirnya tenggelam ke dalam dasar bendungan. Banyak warga setempat yang menghubungkan dengan penghuni bendungan meminta tumbal dan ada juga yang menganggap itu sebuah kecelakaan yang di sebabkan oleh pengunjung yang tidak berhati-hati.

 

Tips

Setiap tempat wisata memiliki peraturan-peraturan tertentu yang wajib di taati oleh pengunjung demi keselamatan pengunjung sendiri. So be smart Traveler….

Salam Wisata…

Gallery Photo

bendungan Beton Ponjong Gunungkidul

Bendungan Beton

Bendungan Beton Ponjong Gunung kidul

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.