Mencicipi aneka buah di Kebun Buah Mangunan

 Wisata Alam, Wisata Kuliner

selamat datang kebun buah mangunanPotensi wisata di Imogiri belum banyak dibicarakan selain wisata ke tanah makam para Raja Imogiri. Adapun wisata yang juga menjadi potensi yaitu dengan “wedang uwuh”-nya. Wedang dalam bahasa jawa berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Bukan berarti jika namanya adalah sampah, minuman ini berbahan dasar sampah. Minuman ini tetap menggunakan bahan-bahan bagi minuman tradisional saja, tapi hanya penampilannya yang membuatnya terlihat seperti sampah. Namun, artikel ini tidak akan membahas lebih jauh tentang itu dan akan langsung berfokus ke suatu tempat yang khas di imogiri.
Ya, tempat itu adalah Kebun Buah Mangunan. Kebun yang memiliki luas sekitar 23,6 Hektar ini mengambil 80% areanya untuk ditanami buah-buahan semacam apel, mangga, jambu, belimbing, pepaya, anggur, sirsak, pir, jeruk, hingga durian. Anda dapat memetik buah-buahan tersebut sesuai dengan harga yang ditetapkan pengelola untuk per-kilonya. Buah-buah yang dapat dipetik tentu saja buah yang memang sudah pada musimnya.
Beralih fokus ke tempat, kebun buah mangunan ini dibangun kurang lebih 200 meter diatas permukaan laut. Sehingga, pemandangan dari gardu pandang di kebun buah ini bisa dibilang cukup tinggi. Anda dapat melihat sungai opak yang mengalir deras di gardu pandang utama. Suasana pegunungan Imogiri yang dapat terasa jelas ini memperkuat kesan asri dari kebun buah ini untuk menjadi bukan hanya sekedar kebun buah biasa.
Jadi, menyantap buah bersama orang-orang yang kita sayangi sambil menikmati pemandangan yang begitu asri ini akan membuat waktu liburan bersama mereka menjadi semakin berkualitas.
Petunjuk Lokasi :
Sejalan dengan Imogiri, anda dapat mengambil tikungan kearah timur (jika datang dari utara) setelah Pasar Imogiri. Ikut rute hingga melewati lapangan sepakbola dan menemui rambu-rambu kearah kebun buah, ikuti jalan tersebut hingga melewati bukit, hingga mencapai pertigaan yang memisahkan jalan ke hutan pinus dan kebun buah  Mangunan. Belok kanan, dan Anda akan diarahkan ke jalan kecil Mangunan yang melintasi desa.
Harga Tiket : Rp.5000,-/orang
Fasilitas :
1. Playground untuk anak-anak
2. Outbound Area
3. Masjid dan Mushola
4. Gardu pandang
5. Pos peristirahatan
6. Kebun buah terbuka
7. Pos Keamanan
8. Wisata Air ( di danau buatan )
9. Parkir Kendaraan

Gallery

gazebo kebun buah mangunan

aliran sungai oyo

kebun buah mangunan bantul

kebun-buah-mangunan

sudut kebun buah mangunan

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.