Kali Biru Kulonprogo yang Memukau Pesonanya

 Wisata Alam

Kali BiruKali Biru terletak di perbukitan Menoreh, Desa hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Dari kota wates, Ibukota Kulonprogo, Kali Biru berjarak kurang lebih 10 km. Sedangkan dari Kota Yogyakarta berjarak 40Km untuk mencapai Kali Biru dapat di tempuh dalam waktu 60-90 menit. Kali Biru merupakan desa wisata yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat menarik.

Kali Biru dahulu merupakan kawasan hutan lindung yang sangat luas, bahkan bisa dikatakan belum pernah dijamah oleh manusia. Kawasan Hutan Lindung di Kali Biru merupakan hasil dari Reboisasi (penghijauan kembali) akibat dari pembalaka liar. Akibatnya lahan perhutanan tersebut menjadi tandus dan gersang. Dengan keadaan hutan yang gersang dan tandus membuat masyarakat setempat berinisiatif untuk melakukan reboisasi dengan tujuan hutan menjadi sejuk dan hijau kembali.

Dengan  waktu sekitar 5 tahun lamanya di kelola oleh penduduk setempat hutan di Kali Biru menjadi hijau dan sejuk kembali, sehingga dapat memunculkan sumber mata air baru di kawasan Kali Biru. Dengan susah payah masyarakat setempat Kali Biru membuahkan hasil yang manis menjadi hutan wisata yang sangat mempesona. Sehingga bisa menambah pundi-pndi penghasilan untuk masyarakat setempat dari pengunjung yang berwisata di Kali Biru.

Kali Biru terletak di ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Pada saat cuaca cerah, dari balik hutan Kali Biru Pengunjung dapat melihat Pemandanga Gunung Merapi, Waduk Sermo, hingga Pantai Selatan.

Udara yang sejuk dan bebas dari polusi menggambarkan betapa alaminya bentang alam yang terdapat di Kali Biru. Sangat cocok untuk pengunjung yang setiap tidak dapat menghirup udara yang masih jernih dan alami. Terutama yang hidup di perkotaan yang sangat rentang dengan polusi asap kendaraan bermotor.

Tak hanya keindahan alam dari Kali Biru kehidupan sosial budaya masyarakat setempat bisa menjadi daya tarik untuk di kunjungi. Masyarakat sekitar dikenal sangat ramah dan santun, dengan raasa kekeluargaan dan semangat gotong royong yang masih sangat kental menjadi indentitas masyarakat Kali Biru. Masyarakat yang senantiasa mempertahankan keragaman seni budaya tradisional membuat Kali Biru menjadi sangat eksotis dan sangat sayang untuk dilewatkan untuk libur akhir pekan.

Fasilitas yang terdapat di Kali Biru

  1. Tempat Pakir yang luas
  2. Mushola
  3. Kios-kios yang menjajakan makanan khas daerah
  4. Toilet

Di kawasan wisata Kali Biru terdapat beberapa paket wisata, diantaranya wisata pedesaan , budaya, pendidikan, terapi alam, keluarga, dan lain-lain. Harga tiket masuk kawasan desa wisata Kali Biru  sangat relaatif murah Rp. 2.000. Untuk menguji adrenalin pengunjung bisa berflying fox dengan membayar Rp. 10.000/orang dewasa, Rp. 5.000/ anak-anak.

Selamat Berwisata…

Gallery

Kali Biru Kulonprogo

Desa Wisata Kali Biru

Desa Wisata Kali Biru Kulon Progo

Wisata Alam Kali Biru

 

Author: