Hutan Wanagama Gunungkidul

 Wisata Alam

Hutan Wanagama WonosariBosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Ingin berwisata alam? Nah untuk Anda yang hobby dan suka berwisata Alam. Hutan Wanagama bisa menjadi alternatif untuk berwisata Alam Anda.

Hutan Wanagama terletak di kcamatan Pathuk dan Playen. Hutan Wanagama di rintis oleh Prof. Oemi Han’in yang bertekad dan akhirnya berhasil mengunah tanah tandus menjadi hutan yang banyak di tumbuhi jenis tanaman.

Sepanjang jalan menuju hutan Wanagama Anda akan di suguhi pemandangan dari ketinggian yang sangat menawan. Dari perempatan lampu merah setelah kawasan rest arean bunder, anda akan mendapatkan petunjuk berupa anak panah kekanan yang bertuliskan Wanagama. Setelah beberapa lama menyusuri jalan beraspal yang semakin mengecil, anda akan menjumpai Gapura Hutan Wanagama berartikan anda sudah sampai di kawasan hutan yang dibangun sejak  tahun 1964.

Menikmati keindahan hutan dengan menyusuri sampai kedalam pastilah tidak terbayangkan jika dulu merupakan kawasan yang sangat tandus. Akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Berakar dari kepihatinan melihat kawasan yang tandus inilah Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan beberapa akademisi melakukan berbagai upaya untuk menghijaukan kembali (reboisasi) dengan berbagai jenis bibit tananman hutan.

Bermodalkan dengan tabungan sendiri Prof Oemi Hani’in Suseno menjadi pelopor penghijauan pada tahun 1964. Dengan laha sluas 10Ha menjadikan Prof Oemi menarik banyak perhatian dari banyak pihak terutama pemerhati lingkungan dan pemerintah. Hingga akhirnya mereka saling bekerjasama untuk menghijaukan lebih luas lagi daerah yang tandus menjadi 600Ha sampai seperti sekarang ini.

Hutan Wanagama ternyata merupakan hutan yang sangat unik, karena hutan ini disebut juga miniatur hutan karena didalamnya terdapat berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah. Karena banyak donasi dari berbagai daerah.

Saat anda menyusuri Hutan Wanagama, anda akan ditemani oleh barisan berbagai jenis pepohonan yang dengan setia menemani perjalanan penyusuran anda. Dari Akasia hingga deretan pohon minyak kayu putih yang menghasilkan minyak atsiri sangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh.

Selain Tanaman Akasiah dan Kayu Putih Anda juga akan menemukan wujud asli dari kayu eboni pohon khas dari Sulawesi, pohon Cendana yang wangi, pohon murbei dan pohon jati. Selain dihuni berbagai macam tumbuhan di Hutan Wanagama juga terdapat beragam Satwa. Mulai dari Unggas, kera dan berbagai reptil khas di Gunungkidul.

Hutan Wanagama mempunyai tiga sumber aliran sungai yaitu Sungai Oya, Sendang Ayu dan Banyu Tibo yang menyuplai kebutuhan air untuk menopang kehidupan di dalam hutan. Hutan Wanagama terdapat pohon Jati (Tectona grandis) yang pada tahun 1989 yang di tanam oleh Pangeran Charles saat berkunjung ke Wanagama.

Hutan Wanagama beralamatkan di desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju Hutan wanagama jika kamu dari arah Yogyakarta anda harus mengambil arah Wonosari>Perempatan Gading>Belok Kanan> Menuju desa Banaran yang berjarak 2Km>Pintu Hutan Wanagama. Harga Tiket yang harus anda keluarkan untuk bisa menikmati keindahan hutan Wanagama Rp. 5.000/orang. Fasilitas yang terdapat di Hutan Wanagama Aula, sarana out bond, camping ground, trek wisma, air bersih, toilet dan tempat parkir.

Galerry Photo

Hutan Wanagama Gunung Kidul

Hutan Wanagama Gunungkidul

Hutan Wanagama Pathuk

Hutan Wanagama

Author: