Gua Greweng – Terhimpit di dua Pantai Indah

 Wisata Alam

Goa greweng yogyakartaCukup banyak gua di Gunungkidul Yogyakarta, perbukitan kapur khas wonosari menjaring beribu wisata alam yang dapat dikunjungi, banyak pilihan, salah satunya Gua Greweng  letanya di area kawasan Pantai Wediombo, kegiatan olahraga hiking menelusuri lautan dengan tujuan sebuah gua, di suguhi berbagai keindahan alam khas kota thiwul, memberikan tantangan tersendiri bagi pelancong.

Memang tak terkenal namanya, Gua Greweng Gunungkidul menjelma sebagai tempat wisata yang unik dan tak kalah menarik untuk dikunjungi. Akses menuju lokasi adalah dengan berjalan kaki menelusuri indahnya pantai, keindahan alam baru akan anda rasakan ketika bersinggah ke gua ini.

Sampai dibibir gua, pemandangan alami turut menyambut, berbagai binatang khas dalam gua tersembunyi namun sesekali menampakan diri. Berbagai jenis kelelawar hidup didalamnya, kombinasi antara flora dan fauna menghiasi ruangan, sesekali suara penghuni akan terdengar memecahkan ketenangan, jika beruntung, keberadaan landak juga bisa di jumpai dikawasan ini, sungguh masih asri, belum terjamah, gua perawan di pantai perawan menjadi sangat sensasional.

Terdapat stalagmit dan stalaktik seperti pada gua pada umumnya, beberapa diantaranya masih aktif sehingga meneteskan air. Didalam gua seperti berjalan diantara permata, kilauan cahaya sang permata terpantul sesekali ke ara mata, menajubkan pandangan, proses ribuan tahun untuk mendapatkan bentuk seperti ini, pengalaman ini takkan pernah terlupakan.

Harap membawa senter, untuk bantuan penerangan, sedikit info bahwa bawasannya Gua Greweng ini sering digunakan untuk bertapa, sehingga suasana mistis kental didalamnya. Ornamen gua dibilang cukup unik, selain itu bersinggah disini juga butuh pengorbanan serta sedikit rintangan, namun inilah daya tarik bagi pelancong yang datang.

Lokasi Gua Greweng terletak di kawasan Pantai Wediombo tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS :  8011’4”S 110042’28”E – Wisata Pantai Gunungkidul.

Akses lain, juga bisa sari Pantai Jungwok untuk menuju Goa Greweng yang terletak di timur Pantai Wediombo.

Rute Menuju Goa Greweng dari Yogyakarta :

Yogyakarta – Wonosari – Jepitu –Pantai Wediombo – Gua Greweng

Fasilitas terbilang masih minim, sehingga bawalah senter dan sediakan bekal, selain itu parkirkan kendaraan di Pantai Wediombo atau di Pantai Jungwok. Di dekatnya juga ada Gua Bentis,  masih diarea Wediombo, Selamat berlibur, Salam..

Galeri Foto

Goa Greweng Gunung kidul

Gua Greweng

Goa Greweng

Goa Greweng Gunungkidul

Author: