Goa Sriti – Legenda Angkling Darma

 Wisata Alam

Goa SritiGoa Sriti sangat indah, dipercaya tersirat sebuat legenda kisah mistis pertapaan seoarang raja yang sakti mandra guna, yakni raja Molowapati bernama Prabu angling darma. Karakteristik gua yang menarik menambah keindahannya, walau tidak begitu terkenal namun Sriti tak kalah unik dari Goa lain di Gunungkidul.

Keindahan Goa Sriti terlihat dari batuan kapur yang menghiasi melekat pada setia dinding, aneka bentuk serta corak unik terpampang dalam setiap sudut gua.  Panjang Gua sekitar 320 m, terbentuk dari batuan karst yang terproses selama ribuan tahun, Goa memiliki atap putih, dilengkapi Stalaktit dan Stalakmit yang masih aktif hingga kini, atapnya pun masih menjadi tempat berhuninya komunitas asli ekosistem gua yaitu Burung Sriti.

Goa Sriti Gunungkidul terletak 500 m sebelah barat obyek wisata Gua Pindul, di sebut Sriti karena dahulu adalah tempat bersarangnya burung Sriti, bentuknya mirip  burung walet namun berukuran lebih kecil. Histori cerita mistis didalamnya menceritakan kisah Prabu Angling Darma yang bertapa cukup panjang hingga memiliki kesaktian tinggi.

Menurut cerita disekitar kawasan Wisata Goa sriti, Prabu Angling Darma di percaya menjelma menjadi Burung Belibis atau Meliwis Putih. setiap satu tahun sekali di percaya masih sering menampakan di ri di telaga Banyubening (600 meter selatan Sriti), penampakan hewan jelmaan tersebut relatif singkat dan hanya orang-orang  tertentu yang bisa melihatnya, salah satu kesaktian yang dimiliki oleh Prabu adalah ajian Gineng yaitu sebuah kesaktian untuk berbicara pada hewan, beliau juga dikenal sebagai raja yang arif bijaksana dan sangat mencintai istrinya yaitu Dewi Setyowati.

Seusai pertapaannya, Beliau kembali menjalankan tugasnya sebagai seorang raja. Namun sebelum itu, untuk menghilangkan jejak dari musuh, beliau mencabut Sumping kanannya (hiasan Raja Ditelinga)  terlebih dahulu lalu di ubah menjadi seorang pertapa mirip beliau lalu ditinggalkan di dalam Goa Sriti.

Karena sudah berada didalam gua ratusan tahun, pertapa jelmaan kini sudah menjadi batu yang dapat disaksikan didalam Goa Sriti Gunungkidul Yogyakarta.

Petualangan menjelajahi Goa Sriti di mulai dari mulut Gua yang sempit dan rendah, kedalaman air di pintu masuk sekitar 50 meter, berjalan terus, kedalaman bisa mencapai dada orang dewasa. Didalamnya terdapat lorong sempit yang hanya cukup di lalui satu pengunjung dengan posisi miring,  setelah itu akan ada palung kecil dengan kedalaman 12 m tepat di depan lorong, jika tidak bisa berenang, pemandu siap membantu, patuhilah peraturan yang sudah disampaikan pemandu sebelum memasuki gua.

Gua Sriti Yogyakarta mempunyai medan yang berliku serta kedalaman yang berbeda. Stalakmit dan stalagtit dengan bentuk unik pun tersaji di setiap diniding, jika dalam imajinasi akan terlihat seperti bentuk fosil belut, pungguk onta, batu berkepala badak bercula satu, serta batuan lingga (simbol keperkasaan Pria).

Keuntungan membeli Paket wisata di Desa Bejiharjo akan mendapatkan kunjungan ke Goa Sriti serta Gua Pindul dan beberapa Obyek Lainnya. khusus paket wisata Goa Pindul dan Gua Sriti sekaligus harga tiket sekitar Rp 50.000 untuk keduanya, harga tersebut sudah termasuk fasilitas antar jemput menggunakan kendaraan pick-up bak terbuka.

Atau membayar masuk sendiri jika memang berniat mengunjungi Gua Sriti saja, yaitu sekitar Rp 25.000. biaya tersebut juga mencakup fasilitas berupa alat keselamatan, seperti Pelampung, Ban, Headlamp, sepatu karet dan asuransi, disediakan juga jasa juru foto, jasa tersebut dapat disewa di tempat penyewaan yang banyak di jumpai di sepanjang Desa Bejiharjo.

Lokasi Gua Sriti dekat dengan Gua Pindul terletak Di Desa Wisata Bejiharjo, tepatnya di Desa Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. koordinat GPS : S7055’42” E110038’53” – Desa Wisata Bejiharjo.

Rute Goa Sriti Dari Kota Jogja :

Jogja – Jl Wonosari – Piyungan – Patuk – Perempatan Sambipitu kearah Hutan Bunder – Lanud TNI AU Gading – Lampu merah Pertigaan timur Lanud ke kiri – Lagandeng – Siyono – Bundaran Siyono ke kiri – Pertigaan Piyaman ke kanan – Rumah Sakit PKU – Bangjo perempatan Budegan lurus – sampai Pertigaan Grogok ke kiri (gerbang Desa Bejiharjo) – Bangjo Perempatan Buderan Lurus – Pertigaan Grogol ke kiri (Gerbang Desa Wisata Bejiharjo) – Ikuti jalan Aspal – Tulisan Selamat Datang Di Desa Wisata – Masuk Restribusi – Gua Pindul – Gua Sriti.

Fasilitas umum dan khusus sudah tersedia bagi para pengunjung, di sarankan untuk membeli paket wisata, karena lebih menguntungkan, Selama berkunjung ke Goa Sriti, Semoga membantu, Salam.

Gallry Photo

Goa Sriti Karangmojo

Goa Sriti Bejiharjo

Goa Sriti Bejiharjo, Karangmojo

 

 

 

Author: