Goa Rancang Kencono – Legend Indonesia Berjuang

 Wisata Alam

Goa Rancang KenconoTertulis kisah dalam buku “Legenda dan Budaya Desa Bleberan” penemuan goa padan tahun 1720-an, cerita tentang laskar mataram yang melarikan diri, di tengah gua terdapat pohon berdiri gagah, menambah keindahan Goa Rancang Kencono sekaligus memberikan ciri khas unik didalamnya.

Goa Rancang Kencono mempunyai ruang lapang seluas 20m x 20m dan tinggi 12 m, disana sering diadakan acara serasehan ataupun camping, keberadaan ornamen penghias gua yang tidak terlalu padat seperti Gua Pindul dan Gua gelatik, memudahkan para pengunjung menikmati keindahan gua tanpa terhalang batuan.

Gua Rancang Kencana adalah salah satu gua yang bisa dimasuki tanpa alat khusus, letaknya di Desa bleberan. Goa ini juga merupakan goa purba sejajar dengan gua brahoho di Kecamatan Rongkop, hal ini berdasarkan artefak dan tulang belulang yang ditemukan, di perkirakan usianya sudah ribuan tahun silam.

Ruangan gua cukup luas, hal yang unik lainya terdapat Pohon Klumpit (Terminalia edulis) usia pohon kurang lebih 2 abad. Lokasi ini menjadi saksi bisu persembunyian Prajurit Laskar Mataram ketika hendak menyusun rencana untuk mengusir Belanda dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, karena disini tempat tujuan mulia, oleh karena itulah penamaan Goa Rancang Kencono diwariskan.

Gua Rancang Kencono memiliki tiga ruangan utama, yaitu aula, ruang gelap dan satu lorong untuk penelusuran ke area wisata Air Terjun Sri Gethuk. Memasuki gua dimulai dengan melewati turunan tangga, akan terlihat jelas hiasan-hiasan ornamen cantik pada dinding gua, berupa stalagtik, walau kebanyakan sudah tidak aktif lagi sehingga tidak meneteskan air.

Masuk kecelah sempit, di bimbing oleh pemandu untuk memasuki ruangan sempit ukuranya 2 m dengan cara merunduk dan akhirkan akan sampai pada ruangan berukuran 3 x 3 m. Diruangan ini terdapat tulisan kata-kata yang ditujukan untuk para pejuang serta lambang burung garuda, selain itu bendera merah putih juga berkibar, sebagai lambang tempat suci para pejuang Djogja dizaman dulu.

Tidak hanya sebagai tempat para pejuang, menurut cerita masyarakat Goa Rancang kencono juga dijadikan tempat bertapa, dipercaya bagi orang yang mempunyai kemampuan lebih dinding goa dapat dibuka dan bisa langsung terhubung ke Merapi.

Gua Rancang Kencono Gunungkidul Yogyakarta ini memang sangat menarik, tidak hanya wisata Goa nya saja, disini bagaikan museum, terdapat fosil seperti alat berburu dan perkakas yang digunakan oleh para manusia purba.

Cerita lain dari penduduk lokal juga menyebutkan bahwa di Goa Rancang Kencana tepatnya di dekat Pohon besar yang tumbuh di depan gua tersimpan harta karun yang berlimpah, hal ini dikarenakan dahulu ada warga yang berhasil menemukan perhiasan kuno saat mencangkul dikebun dekat goa.

Celah-celah lorong di Goa Rancang kencono sebelum runtuh bisa mencapai Air Terjun Sri Gethuk, dengan cara merangkak karena memang celahnya begitu sempit, namun sayang kini telah tertutup, rapuh karena jaman.

Lokasi Goa rancang Kencono atau Gua Rancang Kencana terletak di Padukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. koordinat GPS : S7056’ 56.71” E110029’33.61” – Wisata Goa Gunungkidul.

Rute Menuju Goa Rancang Kencana dari Yogyakarta :

Jogja – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan – Goa Rancang Kencana.

Harga tiket Rp 35.000, sudah termasuk tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk yang berjarak 1 km dari Goa Rancang Kencana. Fasilitas sudah cukup memadai ditambah tempat bumi perkemahan dan berbagai kegiatan lainnya, Selamat Berlibur.

Galeri Foto

Goa Rancang Kencono Gunungkidul

Goa Rancang Kencono Playen

Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Goa Rancang Kencono Yogya

Author: