Goa Kalisuci – Jelajah Cave Tubing Gunungkidul

 Wisata Alam

Goa Kali Suci GunungkidulMenjelajahi deretan Gua Kalisuci menggunakan ban pelampung, memberikan sebuah pengalamanyang tak terlupa, selama dua jam pengapung di atas aliran sungai, menjanjikan sensansi tersendiri. Ketika sampai diujung perjalanan, tak akan ada rasa lelah, malah ketagihan, karena memang sangat menyenangkan.

Kegiatan Cave Tubing ala deretan Gua Kalisuci sekarang ini sudah mulai terkenal, di buka saat musim kemarau tiba. Cave Tubing merupakan perpaduan antara arum jeram (raffting ) serta susur gua (caving) dimana kedua aktifitas menjadi satu, Kali suci dianggap sebagai warisan dunia yang sudah diakui oleh dunia internasional hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian pada tahun 1993 dengan tema International Union Of Speleology.

Tidak hanya itu, kawasan Gua Kalisuci pada tanggal 6 desember 2004 juga dinyatakan sebagai kawasan eko kars oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Para perserta Cave Tubing Kalisuci akan melewati jalur sepanjang 600 meter dengan kurung waktu 2 jam perjalanan. Kedalaman air cukup bervariasi antara 1 sampai 3 meter, perjalanan di mulai dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng dan berakhir di Gua Mburi Omah.

Di sepanjang perjalanan, pemandu akan menceritakan asal mula kalisuci sampai kesetiap sudut detail sejarahnya. Rasa lelah tak akan terasa, karena caving Goa Kalisuci ditarik oleh pemandu, para pengunjung tinggal menikmati keindahan gua saja.

Gunungkidul memang memiliki keindahan ekologi luar biasa, surgai, pantai, beraneka macam gua, wisata rohani, berbagai wisata kuliner serta Cave Tubing juga ada di Gunungkidul. Informasi keberadaan adupadan wisata raffting dan caving hanya ada di Mexico, New Zealand dan Gunungkidul, salah satunya di deretan Gua Kalisuci ini.

Gua Kalisuci terletak di pegunungan karst Gunungkidul , air sungai sangat jernih, sehingga di beri nama kalisuci. Memiliki jeram dengan grade rendah sehingga tempat ini cocok bagi pemula, petualangan pun di mulai, ketika aliran sungai memasuki antara Gua Suci dan Gua Gelatik, suasana terang, perlahan menjadi remang dan akhirnya pun menjadi gelap, disinilah peran Headlamp sangat diperlukan.

Dari dalam air, akan terasa ikan terkadang menyenggol, rasa was-was mencari setitik cahaya akan hilang ketika sampai di ujung perjalanan. Indahnya gua dengan stalaktit di atap gua indah menghiasi pemandangan, seperti berpelukan bersama alam, menyatu jadi satu dengan air sungai yang sejuk.

Dalam perjalanan memulai petualang, tersaji pemandangan aliran sungai yang akan ditelusuri. Jalur yang berkelok-kelok, indahnya pemandangan alam dari atas tebing terlihat kontras. Warna hijau dari pemandangan, serta warna bening air, sedikit coklat karena berdinding tanah, ini sangat memanjakan mata.

Gua Kalisuci Masih tergolong obyek wisata baru di Gunungkidul yogyakarta, baru beberapa tahun belakangan ini dibuka untuk umum. Upara perintisan pembangunan untuk menunjang aktifitas kegiatan wisata di Kalisuci sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1997 saat Presiden Soeharto memimpin, namun karena kurang perhatian bergabai pihak terkait, infrastuktur tersebut akhirnya di gunakan warga sekitar sebagai jalur lalu lintas menuju sungai, akhirnya sungai dimamfaatkan warga untuk mandi dan mencuci pakaian.

Seperti Gua Pndul, Cave Tubing Gua Kalisuci juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung kegiatan tersebut. Dengan membayar milimal Rp 70.000 /orang maka segala keperluan cave tubing bisa dinikmati, seperti ban pelampung, helm, makanan ringan, minum dan pemandu, namun ada jumblah peserta minimal yang harus dipenuhi yaitu sebanyak 5 perserta.

Untuk menjaga keselamatan para wisatawan Cave tubing kawasan karst Goa Kalisuci hanya di buka pada musim kemarau, cave tubing kalisuci tidak tersedia di musim penghujan, karena volume air akan naik. Oleh karena itu bagi wisatawan yang hendak Cave Tubing harap menghubungi pengelolah setempat untuk memastikan kondisi sungai, Contact Person : Kendro (087839740730) atau Yanto (08174122826).

Lokasi Goa Kalisuci terletak di Padukuhan (Dusun) Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS : S800’34.76” S110038’21.36” – Cave Tubing Gunungkidul.

Rute Kalisuci dari Yogyakarta :

Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Rest Area Bunder – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Alun-alun Wonosari – Baleharjo – Jembatan Jirak Semanu – Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan – Pasar dan Terminal Semanu – Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan – setelah 800 m masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci dikanan jalan.

Fasilitas pendukung sudah lengkap, berupa lahan parkir, warung makan dan fasilitas cave tubing sudah tersedia.

Selamat Berlibur..

Galeri Foto

Goa Kali Suci

kali Suci Gunungkidul

Kali Suci Semanu

Kali Suci

Author: