Goa Jomblang Surga Terpendam di Gunungkidul

 Wisata Alam

Goa Jomblang WonosariGoa Jomblang adalah salah satu goa di Gunungkidul yang memiliki pesona yang sangat menawan. Goa Jomblang terletak di Desa Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Goa Jomblang merupakan Goa Vertikal. Disebut goa vertikal karena letak goa yang seperti sumur, letak mulut goa yang berada di permukaan tanah. Untuk memasuki dasar goa pengunjung harus memiliki keahlian khusus untuk permainan tali.
Goa Jomblang memiliki kedalaman goa yang bervariasi, dari 15 meter- 80 meter kamu bisa sampai di dasar Goa. Sesuai kedalamannya untuk memasuki goa jomblang dapat di bagi menjadi beberapa jalur. Jalur Pemula, jalur ini dengan kedalaman 15 meter pertama yang cukup terjal tapi masih bisa di tapaki kaki. Jalur selanjutnya memiliki kedalaman 40 meter yang di sebut jalur C. Jalur B kedalaman 60 meter, jalur A 80 meter merupakan jalur utama yang sampai di dasar goa.
Bagi pemula tidak perlu khawatir tidak bisa masuk kedalam goa. Karena bisa melalui jalur khusus untuk pemula yang belum pernah memasuki goa vertikal. Walaupun alat yang di gunakan hanya menggunakan satu tali, sebelum memasuki goa peserta akan di bekali pelatihan singkat bagaimana cara menuruni goa dengan aman. Peserta juga selalu di dampingi pemandu yang sudah ahli dan sangat menguasai medan. Bagi peserta yang sudah terbiasa menuruni goa vertikal peserta akan di beri pengarahan dan penjelasan bagaimana medan goa jomblang.
Selain memiliki medan yang sangat menantang, goa jomblang menyimpan pesona yang sangat menawan. Ketika kamu menuruni goa kamu aan di suguhi tumbuhan paku yang tumbuh subur di dinding-dinding goa. Hawa yang dingin dapat kamu rasakan ketika memasuki goa, membuat kamu nyaman untuk menuruni goa dengan tali.
Bagi pemula untuk menuruni goa awalnya akan terasa sangat melelahkan. Tapi semua lelah itu akan segera terobati saat kamu sudah sampai di dasar Goa Jomblang. Amazing, keren, cool mungkin kata-kata itu akan secara spontan keluar dari bibir kamu. Cahaya yang masuk menembuh dedaunan di luar goa, membuat cahaya matahari semakin mulus memasuki mulut goa dan celah-celah yang ada.
Menyinari tanaman yang berada di dalam goa, sehingga dapat membuat tumbuhan di dalam goa tampak tumbuh subur. Kamu juga bisa beristirahat yang di batuan yang berbentuk seperti bilik yang terbentuk secara alami.
Selanjutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan menyusuri lorong yang berada di dalam goa. Lorong tersebut menghubugkan goa jomblang dengan goa vertikal yaitu goa grubug. Panjang lorong penghubung goa cukup lebar, memiliki panjang sekitar 500 meter. Kamu bisa menyusuri goa tersebut dengan mudah, tapi tetap harus berhati-hati karena udara goa yang lembab menyebabkan jalan di dalam goa menjadi licin.
Fasilitas yang terdapat di goa jomblang kamar mandi umum, tempat ibadah, dan tempat parkir yang memdai jika kamu membawa kendaraan pribadi. Tiket masuk yang harus kamu bayar untuk dapat menikmati keindahan di goa jomblang adalah Rp. 450.000, termasuk peralatan yang di gunakan dan pemandu. Untuk menuju goa jomblang jika kamu dari arah Yogyakarta, kamu bisa naik angkutan umum jurusan Jogja-Wonosari, kamu bisa turun di Terminal wonosari, dari Terminal Wonosari kamu naik angkutan menuju Semanu lalu turun di Desa Jetis, dan bisa di lanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 3km.

Gallery Goa Jomblang

Goa JomblangGoa Jomblang Wonosari GunungkidulGoa Jomblang SemanuGoa Jomblang Gunungkidul

Author: