Goa Jlamprong di Desa Wisata Mojo

 Wisata Alam

Goa Jlamprong GunungkidulGoa Jlamprong memiliki dua cabang menyambung menjadi satu, yaitu Goa Gesing dan Goa sinden, terletak di  Desa wisata Mojo Gunungkidul Yogyakarta. memiliki tingkatan tantangan non ekstrim, kegiatan tracking sangat menyenangkan ketika bersimbah datang kekawasan ini.

Desa mojo termasuk desa wisata di gunungkidul, keberadaan Goa Jlamprong – Goa Gesing – Goa Sinden turut menambah lengkap paket wisata didesa tersebut. Petualangan di Goa Jlamprong ini masuk kekategori caving horisontal, panjang Goa kurang lebih 1000 meter sehingga membutuhkan waktu 1 jam untuk menaklukannya.

Tiga sisi berbeda dari deretan tiga gua yang saling menyambung ini, mulai dari Goa Gesing, yang lebih dikatakan paling natural, suasana sedikit gelap, aroma bau kotoran kelelawar sesekali akan tercium menyengat dibeberapa titik,  mata kelelawar bagai lampu kecil yang berkedip, terkadang kelelawar juga lewat diatas kepala para pengunjung, keindahan Goa terpancar dari hiasan dinding serta lantai goa, terdapat Stalagtit dan Satakmit yang sangat indah ketika dipandang.

Memasuki area Goa Jlamprong memiliki ciri khas yang unik, didalamnya terdapat mata air atau Soko Guru, konon bayak penduduk yang percaya bahwa tetesan air ini bertuah, sehingga siapapun yang mencuci atau meminum air langsung dari sumbernya, doa yang dipanjatkan akan terkabul.

Keindahan batuan didalamnya juga tidak kalah menarik, di tambah lagi ornamen ukiran di dinding goa, sangat mengesankan.

Setelah itu akan memasuki lokasi terakhir yaitu Goa Sinden, di goa ini terdapat sungai dengan aliran air hangat, menurut cerita, tempat ini dahulu digunakan untuk meditasi bagi calon sinden, sehingga diberi nama Goa Sinden.

Deretan Goa Jlamprong ini memang memiliki karakteristik berbeda, seperti 3 zona yang beradu menjadi satu disebuah wadah, pemandangan unik dan menarik terpampang jelas. Beberapa waktu lalu mahasiswa UNY melakukan penelitian Zooplanton dikawasan ini.

Satu lagi keistimewaan Goa Jlamprong Gunungkidul Yogyakarta, disini juga terdapat pohong yang sangat besar tepatnya di mulut goa, terlihat seperti membelah bibir gua, namun efeknya memberikan kesan sejuk dan teduh.

Goa Jlamprong termasuk Goa horisontal dan berair, ini dikarenakan aktifitas produktif dari batuan didalamnya. Jika tidak cukup berani menjelajahi goa ini sendiri, disediakan jasa pemandu wisata setempat dengan tarif Rp 25.000/orang, keuntungannya dapat menjelajahi tiga Goa sekaligus dan beberapa fasilitas pendukung, seperti restribusi, sewa alat, sewa instruktur namun tidak termasuk biaya makan dan minum.

Lokasi Goa Jlamprong berada di Desa Wisata Mojo, Padukuhan Mojo, Ngeposari, Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. koordinat GPS : S7059’ 55.84” E110040’30.22”– Desa Wisata Mojo.

Selamat berlibur..

Galeri FotoGoa Njlamprong

Author: