Goa Cokro  – Tersembunyi Keindahan Menawan dengan satu Titik Cahaya

 Wisata Alam

goa cokro gunungkidulGoa Cokro atau Luweng Cokro terletak di Padukuhan Blimbing, potensi alam didalamnya sungguh luar biasa, seperi Gua Jomblang, karakteristik di Cokro  lebih mengutamakan batuan, suasana begitu menawan dengan adupadan remang-remang dari cahaya diatap gua.

Kini telah dikembangkan Luweng Cokro, sebagai salah satu potensi wisata peminat geowisata karst Gunungkidul, berdekatan dengan Gua Gremeng yang bertipe horistal, Wisata Goa Cokro hadir dengan tipe horisontal, cahaya surga ke 2 setelah jomblang, mengesankan keindahan didalam gua sangat menajubkan.

Goa Cokro adalah goa vertikal dengan kedalaman 18 meter, bibir goa memiliki diameter 1 m sedangkan dasar goa sekitar 20 meter. Bagian bawan gua terdapat 2 lorong membujur ke arah selatan dan utara, panjangnya 50 meter dan 250 meter, keahlian khusus pun sangat diperlukan untuk menaklukan gua ini.

Untuk menikmati keindahan goa yang tersebunyi ini, memerlukan penguasaan minimal teknik rappeling dan Single Rope Techique (SRT). Di sediakan pemandu bagi anda yang belum pernah melakukan, pengelolah setempat sudah menyediakan jasa pemanduan sehingga mempermudah wisatawan.

Para pelancong yang datang memang memerlukan kesabaran, untuk menjaga ornamen dan pelestarian ekosistem dalam goa, pihak pengelolah membatasi wisatawan yang datang, maksimal hanya 10 orang, dengan biaya paket sekitar RP 400.000, pemesanan dikonfirmasi dua hari sebelum masuk, begitulah penuturan pengelolah.

Di dalam perut Goa Cokro Gunungkidul Yogyakarta ini terdapat stalaktit dan formasi Speleothem batuan kart, berbagai corak akan di temukan, salah satunya membentuk corak batik, pancaran sinar matahari menembus dasar goa, jatuh menawan bagai di jomblang, terlihat lebih sederhana, namun mengaggumkan.

Lokasi Goa Cokro atau Luweng Cokro terletak di Padukuhan Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. koordinat GPS : S07056032.2” E110043’12.9” – Wisata Goa Gunungkidul.

Rute menuju Goa Cokro dari Kota Jogja :

Joga – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Alun-alun Wonosari – Jalan Karangmojo – Perempatan Pasar Karangmojo – Ponjong – Perempatan Warungayu Genjahan ke kiri – Umburejo – Padukuhan Blimbing – Goa Cokro.

Selamat berlibur..

Galeri Foto

Goa Cokro

Goa Cokro Wonosari

luweng cokro

Luweng Cokro Gunungkidul

Author: