Embung Batara Sriten Kerajaan di Atas Awan yang Sesungguhnya.

 Wisata Alam

Batara SritenApa yang kamu fikirkan ketika mendengar “Gunungkidul”??? Daerah berbukit kapur, memiliki banyak pantai dan tentunya tempat yang selalu di landa kekeringan. Gunungkidul memang tak bisa lepas dari kekeringan. Tetapi sering berjalannya waktu Pemerintah Daerah tak tinggal diam dengan keadaan ini. Pemerintah daerah setempat membangun penampungan air di atas bukit yang akan di gunakan untuk irigasi persawahan dan kebutuhan air masyarakat di sekitar penampngan air tersebut.

Penapungan di atas bukit tersebut di namakan “Embung”. PEMKAB Gunungkidul merencanakan pembangunan Embung dapat megurangi dampak kekeringan yang terjadi pada saat musim kemarau. Selain itu juga akan di gunakan sebagai destinasi wisata baru di Gunungkidul.

Untuk saat ini pembangunan embung sudah selesai dua tempat. Embung Ngelanggeran yang terletak di Dusun Ngelanggeran Wetan, Desa Ngelanggeran, kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Dan Embung Batara Sriten yang terletak di Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Ngelipar, Kabupaten Gunungkidul.

Embung Batara Sriten atau yang lebih di kenal dengan Embung Sriten ini, akan di fungsikan sebagai pengairan tanaman manggis dan kelengkeng, sebagai destinasi wisata buah di ketinggian 896mdpl serasa di atas awan dengan view 360 derajat. Dengan letak yang di atas bukit tertinggi di Gunungkidul kamu juga bisa melihat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Kabupaten Sleman, Kabupaten Klaten, dan tentunya Kabupaten Gunungkidul.

Pengunjung yang berkunjung di Embung Sriten lebih di domiasi oleh komuitas pecinta alam. Biasanya mereka datang pada sore hari untuk melihat sunset dan sambil mendirikan tenda yang akan digunkan untuk bermalam. Di malam hari pertujukan baru di mulai pengunjung akan di suguhkan dengan keindahan bintang-bintang di darat yang saling berpadu dengan keindahan bintang-bintang di langit yang membuat mata enggan untuk berkedip melewatkan pesona malam hari di Embung Sriten.

Pagi harinya pengunjug akan di suguhi sarapan yang sangat menawan dengan kabut yang membuat kamu merasa hidup di kerajaan langit. Tak berhenti di situ saja kita juga dapat melihat matahari terbit tanpa terhalang pepohonan seperti yang kamu lihat di bawah. Keindahan sunrise yang berpadu dengan awan di pagi hari yang membuat kamu betah berlama-lama di Embung Sriten.

Kalau kamu mau berkunjung di Embung Sriten bisa mempersiapkan kendaraan pribadi yang benar-benar fit untuk memanjat Embung Sriten. Karena jalan yang menanjak yang sangat terjal dan sangat membutuhkan kendaraan dan pengendara yang sudah bisa menguasai medan terjal. Fasilitas yang terdapat di Embung Sriten tempat parkir yang luas, toilet, dan banyak warung  yang menjajakan makanan. Sehingga kamu gak perlu khawatir jika lupa tidak membawa perbekalan dari rumah.

Tiket masuk yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan berjuta keindahan tersebut hanya dengan membayar Rp. 2.000 yang akan di tarik untuk biaya parkir sepeda motor.

Galery Foto

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten Ngelipar

sunrise embung sriten

embung batara sriten

Jalan Embung Batara Sriten

Author: