Eksotisnya Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

 Wisata Alam, Wisata Petualang

gunung api purba nglanggeranEksotisnya Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul-Gunungkidul sangat terkenal dimata para wisatawan sebagai tempat dimana mereka dapat memanjakan diri untuk berada di pantai. Ya, Gunungkidul adalah satu-satunya wilayah dijogja yang menyuguhkan beragam pantai cantik yang bisa membuat anda enggan untuk meninggalkan wilayah tersebut. Namun, siapa sangka jika Gunungkidul memiliki potensi wisata yang luar biasa untuk mendapatkan momentum view dari tempat yang cukup tinggi. Tidak seperti di Kaliurang, pengalaman ini mungkin tidak akan didapat disetarakan karena keunikkannya. Namanya Gunung Api Purba Nglanggeran, terletak di desa ngglanggeran. Sesuai dengan namanya, gunung api ini adalah satu-satunya tempat dipulau Jawa yang memiliki environment ecosystem yang sangat menyerupai jaman purbakala. Jaman dimana Dinosaurus cs masih menguasai planet bumi. Hanya saja, makhluk semacam itu tidak mendiami tempat ini lagi dan status gunung api ini dinyatakan mati setelah letusan yang terjadi berjuta-juta tahun yang lalu. Dengan demikian Gunung Api Purba ini hanya meninggalkan bekas-bekas rekahan letusan purba, bebatuan purba, hewan-hewan liar dan beberapa tanaman purba yang masih ada sampai sekarang.
Gunung Api Purba Nglanggeran begitu dinikmati oleh banyak khalayak karena sensai petualangannya yang tidak dapat terlupakan jika didaki hingga sampai ke puncaknya. Rata-rata anda dapat menempuh pendakian ini sekitar 1 jam. Pos pertama yang dapat dikunjungi memiliki pemandangan yang cukup WOW!, dan ini menjadi pos yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung karena aksesnya yang masih belum terlalu jauh dari. Namun, sangat disarankan jika untuk meneruskan perjalanan ketimbang hanya berada di pos 1. Karena apa yang akan anda dapat ketika berada di puncaknya, akan 2-5 kali lipat lebih menakjubkan dari yang anda bayangkan. Ditambah lagi dengan pemandangan yang cukup mengagumkan ketika perjalanan, papan petunjuk yang memotivasi, serta tempat-tempat unik yang akan anda temui, seperti Gunung 5 Jari, Mata Air Purba, dll. Untuk yang paling penting juga, sebaiknya anda membawa bekal yang cukup untuk sampai disana minimal 2 botol air mineral per-orang, karena anda tidak akan menemui warung-warung ketika anda sudah berada disana.
Maka dari itu, kunjungilah tempat ini untuk mendapatkan pengalaman berharga selagi anda berada di Gunungkidul atau anda akan sangat menyesal jika melewatkannya.

Lokasi :
Ambil rute menuju ke Gunungkidul melewati Jl.Wonosari hingga menemui jalan menanjak. Di jalan menanjak tersebut anda hanya akan menemui satu jalan untuk menuju Gunungkidul hingga melewati beberapa tempat seperti Bukit Bintang. Jangan mengambil tikungan sebelum menemui papan rambu menuju Gunung Api Purba (yang nantinya mengambil tikungan ke kiri) didekat jembatan yang ada pos polisinya diujung jalan. Ikuti jalan tersebut sampai menemui pertigaan kearah Wonosari. Ambil kiri selain lurus ke wonosari dan ikuti jalan tersebut sampai anda menemui pertigaan ke Embung dan Gunung Api Purba. Ambil jalan ke Gunung Api Purba hingga menemui tempat wisata tersebut.
Harga Tiket : Siang, Rp.5000,-/orang ; Malam, Rp.7000,-/orang
Fasilitas :

1. Mushola*
2. Pos Keamanan*
3. CCTV ( diberbagai area pendakian )
4. Denah
5. Pos peristirahatan
6. Outbound Area dan Camping
7. Flying Fox
8. Warung makan*
9. Aula peristirahatan terbuka*
10. Parkir Kendaraan*
11. Toilet Umum*
*hanya ada di area sebelum pendakian

Gallery Photo

peta pendakian gunung api purba

akses jalan ke gunung api purba

area sawah gunung api purba nglanggeran

embung gunung api purba nglanggeran

embung nglanggeran

gunung api purba nglanggeran

sunset di gunung api purba nglanggeran

Baca Juga tentang Wisata alam Goa Pindul di sini.

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.