Candi Sari Elok Nan Indah

 Wisata Sejarah

Candi Sari yogyakartaCandi Sari – Ditemukan sebuah candi elok nan kokoh yang rusak, tahun 1929 pun di lakukan pemugaran dan berakhir pada tahun 1930, keindahan candi budhha tersebut pun terlihat, di katakan sebagai tempat peristirahatan Pendeta Budhha, terletak tidak jauh dari candi kalasan, hanya 150 m arah timur laut, Candi Sari secara administratif masuk wilayah dusun Bendan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.
Selama Rakai Panangkaran berjaya, toleransi akan rasa saling menghargai setiap umat beragama berdiri tegak di tengah warganya. Tepat ibadah Agama hindu dan Buddha berjejeran di lapang tanah sekitar prambanan, awalnya Candi Sari di bangun pada abat ke 8, hal ini di kaitkan dengan candi kalasa, seperti itulah yang terurai dalam Prasasti Kalasan tertanggal 778 M.
Bentuknya memang sangat indah, ukiran relief yang ada pada dinding candi mirip dengan Relief di Candi Plaosan. Memiliki 9 stupa seperti pada Stupa candi Borobudur, serta tersusun dalam 3 deret sejajar, komponen interior serta struktur Candi Sari membentuk sebuah ruangan yang memiliki atap yang berfungsi sebagai Biara.
Candi Sari merupakan Candi buddha yang memiliki lebar 10 m, panjang 17,3 m dan tinggi 17 meter. Pintu masuk candi menghadap timur, dinding tertutupi dengan Vajralepa, dinding luar berhiaskan Patung Bodhiasattva, masing-masing 8 patung di bagian utara, timur dan sisi selatan, sedangkan 12 patung menghiasi bagian barat sisi candi.
Patung Makara tanpa rahang juga menghiasi kemolekan Candi Sari Yogyakarta. Pintu dan bingkai jendela terdapat sepasang Pria dan Wanita membawa teratai pada tangannya, terdapat juga patung Kinara Kinari (pria dengan kepala burung).
Harga tiket masuk Rp 2000 /orang, buka setiap hari dari jam 09.00-17.00 WIB. Fasilitas minim, namun di sekitar area tersebut sudah ada penjual jajanan, kamar mandi dan mushola, untuk trasportasi menuju kawasan Candi Sari bisa di bilang cukup mudah.
Jika menggunakan transportasi umum bisa menggunakan bus umum dari yogya solo atau gunakan jasa Bus Transjogja untuk menuju arah prambanan, lalu, sampai di prambanan gunakan jasa ojek asli daerah setempat akan mempermudah anda menuju lokasi Candi Sari.
Atau jika anda menggunakan kendaraan pribadi, yogyakarta – Prambanan – perhatikan jalan hingga menunjukan jalan ke arah candi kalasan – belok kiri – lurus keutara sampai menuju candi sari sleman yogyakarta, jangan malu bertanya, orang yogya itu terkenal ramah lo.
Keindahan percandian kalasan memang bisa menjadi refrensi liburan singkat anda ketika berada ke kota yogya. Tempatnya indah, tidak begitu ramai, biasa menjadi obyek foto yang menarik dan murah, kunjungi Candi Sari Yogyakarta dan dapatkan pesona keindahannya. Salam.

Photo Gallery Candi Sari

candi sari-tampak depan

candi sari-view dalam

candi sari-view depan

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.