Candi Prambanan-Mahakarya Nenek Moyang Indonesia

 Wisata Sejarah

Candi Prambanan YogyakartaCandi Prambanan merupakan banguan bersejarah yang berdiri Megah di Kecamatan Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan candi yang masih di fungsikan sebagai tempat beribadah Umat Hindu hingga sekarang. Saat hari besar Umat Hindu candi Prambanan sangat ramai di kunjungi baik Umat Hindu yang akan beribadah maupun wisatawan yang ingin mengenal Budaya Hindu.

Candi Prambanan sudah berdiri sejak abad ke-10 pada masa kerajaan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Tinggi candi Prambanan mencapai 47 meter yang di klaim sebagai candi tertinggi pada masa itu. Sehingga bisa menujukkan kekuatan dan kekuasaan kerajaan Hindu di tanah Jawa.

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi laki-laki yaitu Bandung Bondowoso yang ingin menikahi putri Raja yang bernama Roro Jonggrang. Namun karena Bandung Bondowoso telah membunuh Ayahanda Rorojonggrang sehingga membuat Roro Jonggrang membenci Bandung. Hingga pada akhirnya Roro memberi persyaratan pada Bandung untuk membuatkan candi lengkap dengan 1000 Arca dalam satu malam.

Di bantu dengan kekuatan dan tentara (Jin) yang di miliki Bandung maka Bandung menerima persyaratan dari Roro Jonggrang. Setelah pembangunan candi hampir selesai namun fajar tak kunjung datang, membuat Roro Jonggrang takut. Namun Roro memiliki siasat agar suahasana tampak seperti akan pagi, Roro meminta agar warga menumbuk padi dan membuat api besar sehingga membuat bangun ayam dan berkokok. Namun Bandung Bondowoso baru menyelesaikan 999 arca, dengan kekuatan Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke 1000.

Hingga saat ini crita tersebut masih di sering di dengar di kalangan anak-anak sebagai dongeng ataupun dalampelajaran sejarah.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur.

Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.

Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Candi pendamping yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang.

Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti ‘terbit’ atau ‘bersinar’, biasa diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa).

Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut para ahli, relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Relief lain yang menarik adalah pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini membuat para ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga tiket masuk di Candi Prambanan Rp. 30.000 untuk dewasa untuk anak-anak 4-6 tahun Rp. 12.500

Jam buka

Candi Prambanan mulai beroprasi dari pukul 06.00-17.00

Fasilitas yang terdapat di Candi Prambanan

  1. Tempat parkir yang luas.
  2. Persewaan sepeda bila lelah berjan kaki.
  3. Studio ruang studio.

Gallery Photo

Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan Jogjakarta

Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogya

 

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.