Candi Pawon Penghubung Mendut Borobudur

 Wisata Sejarah

candi-pawonCandi Pawon – Terletak di Desa Mendut, Borobudur, Magelang, jawa tengah. Perjalanan dari kota Yogyakarta kurang lebihnya 1 jam perjalanan, berbeda dari candi lain, keunikan tersendiri dari candi pawon menjadi daya tarik wisatawan, di bangun di era yang sama dengan Candi mendut dan Borobudur, menurut cerita, letak Candi Pawon tepat di antara candi mendut dan borobudur, sehingga muncul sebuah argumen yang kuat bahwa candi tersebut di sebut juga Candi penghubung antara Mendut dan candi Borobudur.

Candi Pawon adalah sebuah nama candi dari magelang, beraliran Budha dari zaman klasik, berkarakteristik unik nan menarik. memiliki 6 lubang (seperti lubang asap), berada pada jarak 1750 m arah timur dari candi Borobudur dan arah barat 1150 m dari candi Mendut.

Candi Pawon di pugar pada tahun 1903, seorang epigrafi (ahli tulisan, prasasti) J.G De Casparis mengemukakan Bahwa asal nama Pawon asli dari bahasa jawa yaitu awu yang berarti abu, sedangkan warga sekitar menyebutkan Pawon adalah nama Bajranalan, dalam bahasa Saskerta vajra = halilintar dan analan = api, sehingga di sebut sebagai candi Brajanalan.

Berbeda dari candi lain, Pawon tidaklah seperti candi pada umumnya. dalam candi terlihat polos tanpa ukiran yang khas, namun, terdapat 6 lubang, yang di sinyalir sebagai tempat keluarnya asap, arsitektur bangunan candi pawon bisa terbilang sangat jenius, ukiran khas yang sangat indah mendetail terlihat jelas berupa berbagai relief pohon kalpataru atau pohon hayati, atap candi berbentuk limas, dengan aneka stupa kecil yang menghiasinya, pada pintu masuk hiasan kala makara pun juga mempercantik bentuk stuktur candi, pada dinding juga terukir berbagai gambaran makhluk khayangan seperti kinari-kinari (burung berkepala manusia), pundi-pundi dan relief bodhisattva.

Rute menuju Candi pawon dari Yogyakarta menuju jalan magelang – muntilan – Pertigaan Borobudur (pabelan) belok kiri – lurus hingga candi Mendut – Pertigaan ambil Kanan – Bunderan ke kiri arah Candi Borobudur – Perigaan Kiri – nah di situlah tempat Candi dengan banyak ukiran berdiri.

Terletak ditengah perkampungan warga, candi pawon buka dari hari senin – minggu, pukul 7 pagi sampai jam 6 sore. harga tiket domestik 1.800 dan wisatawan mancanegara Rp 3.500, soal fasilitas karena di tengah permukiman warga, sudah terdapat mushola, kamar mandi dan penjual jajanan di sekitar area tersebut. Salam.

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.