Candi Gebang Asri Sejuk Dan Menawan

 Wisata Sejarah

candi gebang yogyakartaCandi Gebang – Candi unik dan menarik di yogyakarta jumblahnya banyak. Apakan anda tau stadion maguwoharjo ? tentunya tau kan, dari Candi Gebang Condongcatur Yogyakarta, atap bangunan stadion terlihat jelas, letaknya tidak jauh dari stadion maguwoharjo, yaitu terletak di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, pada aplikasi GPS terlihat pada kordinat 7o45’05”LS 110o24’58BT pada aplikasi di Smartphone kesayangan anda tentunya.
Pemugaran candi hanya di perlukan waktu sekitar 2 tahun dan Candi Gebang di temukan pada bulan november 1936 oleh seorang petani, beliau malah menemukan patung Ganesha, penemuannya itu sempat menghebohkan warga sekitar, lalu, oleh Van Romont di pugar tahun 1937-1939.
Ukuran candi tidak terlalu besar, berada pada rindangnya pepohonandan mempunyai sebuah mading yang di dalamnya menuliskan sejarah candi, ada bagiannya yang hilang di curi orang di masa lampau. Ukuran Candi Gebang berkisar 5.25 x 5.25 m dengan tinggi 7.75 m, dinding candi terbuat dari batu andesit.
Candi Gebang memiliki patung Yoni yang menandakan candi tersebur beraliran hindu. Pintu masuk candi menghadap ke timur, Ceruk candi di utara memiliki patung Nandiswara, sementara ceruk selatan kosong, ceruk barak diisi arca Ganesha duduk menghadap keutara Yoni, mahkota candi berbentuk Stupa bentuk lingga di alas lotus.
Tiket masuk area Candi Gebang Condongcatur yogyakarta hanya Rp 2000/orang. Pengelolahan dan kebersihan area cukup baik, sudah ada kamar madi di sana, tempat parkir dan karena di area permukiman masyarakat makanan dan mushola pun mudah di dapat, namun untuk mencapai lokasi ini sedikit harus blusukan.
Cara ke menuju lokasi Candi Gebang dari persimpangan kampus UPN ringroat utara – ambil utara – lurus terus hingga kampus UII – terus hingga perpatan memasuki daerah Gebang – nah disini anda harus bertanya kepada warga sekitar letak pastinya candi, karena candi berada di tengah-tengah komplek perumahan warga.
Keindahan Candi Gebang masih bisa dikatakan masih sangat perawan, udaranya sejuk dan lingkungannya bersih, Selamat berlibur. Salam.

Gallery Photo Candi Gebang

candi gebang yogyakarta

candi gebang yogyakarta

candi gebang yogyakarta

candi gebang yogyakarta

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.