Candi Barong Diyogyakarta

 Wisata Sejarah

candi barong-tampak atasCandi Barong – kompleks Percandian di sekitar candi prambanan yang menarik untuk anda kunjungi jumlahnya cukup banyak. Salah satunya adalah Candi Barong yang letaknya masih di dalam kompleks istana ratu boko, di atas perbukitan Dusun Candisari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Bisa di lihat dari peta Candi barong Map berada pada titik 7o46’32”LS 110o29’49BT dari aplikasi GPS smartphone kesayangan anda. di perkirakan Bangunan Candi ini dibangun sekitar abad ke -9 dan ke -10, keberadaan candi ini juga membuktikan adanya kerajaan Medang periode mataram dimasa tersebut.
Dari struktur bangunan candi terlihat bahwa fungsi dari didirikannya Candi Barong adalah sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu dan Dewi Sri, asal mula nama barong sendiri dikarenakan hiasan Kala yang menyerupai Barong, di sebutkan pula keberadaan candi tersebut dalam prasasti Ratu Boko tanggal 856 AD, candi ini memiliki nama lain yaitu Candi Sari Suragedug yang merupakan nama asli dari candi tersebut.
Posisi Candi Barong bisa di bilang cukup strategis. Candi hindu di selatan candi prambanan ini berada pada sisi tenggara kompleks ratu boko, di area perbukitan batur agung pada ketinggian 199 m diatas permukaan laut, sedikit ke arah barat daya anda akan di suguhkan dengan adanya percandian lain yaitu Candi Banyunibo (buddha), menuju arah tenggara, kurang lebih 2 km, terdapat pula Candi Ijo, terdapat juga di sekililingnya situs-situs arca Ganesha, Candi Dawangsari, Candi Sumberwatu dan Candi Miri.
Letak pintu masuk Candi Barong terdapat pada sisi timur, anda akan langsung disuguhi lahan berundak tiga. Teras pertama dan kedua tidak ada lagi bangunan candinya, tetapi masih tersisa umpak (lantai candi), sebelum masuk ke teras yang paling tinggi, anda akan mendapati gerbang paduraksa kecil yang mengapit tangga naik.
Bagian utama pada Candi Barong tidak mempunyai pintu masuk, sehingga diduga upacara pemujaan di lakukan di luar bangunan. Masing-masing candi mempunyai ukuran kurang lebih 8.18 x 8.18 m dengan tinggi 9.05 m.
Istimewanya Candi Barong sangat berbeda dari candi hindu lain di tanah jawa. Candi unik di tanah jawa percandian hindu memuja Dewa Syiwa yang bersifat Syiwaistis, perbedaan lain terdapat pada struktur bangunan berundak yang menjadi pusat pemujaan terletak di bagian timur, namun untuk candi pada era kejayaan masa Medang, umumnya candi hindu bangunan utamanya berada di pusat kompleks, yang memiliki karakteriktik hampir sama dengan Barong hanya Candi ijo, Struktur Bangunan berundak Di Barong di anggap sebagai eskpresi indonesia asli, terdapatnya corak sinkretik juga membuktikan adanya juga pemujaan untuk dewi sri di era dulu di kawasan ini.
Kala Makara Barong seperti kepala singa yang lengkap dengan rahang bawahnya. Hal yang unik lain di Candi Barong terdapat juga relief Ghana dan Sankha yang merupakan simbolisasi lain untuk Wisnu.
Tiket masuk candi barong saati ini seharga sukarela, namun dalam waktu dekat pemerintah akan berencana untuk menerapkan tarif masuk area tersebut. Fasilitas masih sangat minim, namun untuk anda yang ingin mengetahui sekilas tentang berdirinya candi, ada petugas yang akan dengan senang hati membantu.
Rute Candi Barong dengan transportasi umum dapat menggunakan bantuan bus transjogja yang banyak beroprasi di yogyakarta, ambil jalur 1A atau 1B dan berhenti di prambanan, setelah itu naik ojek menuju kuil dengan biaya 20.000.
Atau anda ingin ke Candi Barong dengan kendaraan pribadi, rute mudah menuju kawasan tersebut mulai dari jalan jogja solo – prambanan – belok kanan sebelum persimpangan (selatan) Candi Prabanan – ikuti jalan akan ada tanda menuju Barong dan Candi Banyunibo, jangan malu bertanya jika tersesat, penduduk asli yogyakarta terkenal ramah kok.
Deretan perbukitan akan terlihat jelas saat perjalanan, dan ketika sampai ke Candi Barong sungguh anda akan terkesima dengan kemolekan percandian tersebut, apalagi saat senja, cobalah berkunjung ketika liburan singkat ke kota Gudeg ini. Salam.

Gallery Photo Candi Barong Yogyakarta

candi barong-tampak atas

candi barong-tampak atas

candi-barong-tampak depan

candi barong yogya

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.