Candi Banyunibo Sleman Yogyakarta

 Wisata Sejarah

candi banyuniboCandi Banyunibo – wisata sejarah di yogyakarta tentunya tidak terlepas dari keberadaan candi di dalamnya. Area Candi Prambanan dan istana ratu boko menyimpan banyak peranakan percandian yang tersebar di sekelilingnya, selain Candi Ijo anda juga bisa menemukan Candi Banyunibo yang berdiri diatas bukit hijau.

Menuju arah barat daya dari Istana Ratu Boko kurang lebihnya 2 km maka akan di temui letak Candi Banyunibo. tepatnya di dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, dari persimpangan Prambanan (pasar Prambanan) ambil kanan, lalu lurus mengikuti jalan, setelah kurang lebih 15 menit, maka tempat keberadaan candi akan sudah mulai terlihat.

Keindahan yang tersembunyi dan meyentuh nurani, terhiasi pesona alam alami kota yogya yang masih asri. perbukitan panjang mengitari Candi, berdiri diatas lahan yang bisa di katakan tandus namun berisi, saksinya sebuah karya dari sang kreasi, membentuk sebuah candi yang bernama Candi Banyunibo yang sangat menyentuh harmoni.

Ditemukan pada tahun 1940 dalam keadaan rusak, setelah itu diperbaiki pada tahun 1942 namun belum sempurna, setelah tahun 1962 setelah pembangunan di maksimalkan, banyak warga lokal maupun asing yang datang untuk melihat indahnya Candi banyunibo.

Candi dengan banyak ornamen, di mulai dari pintu masuk yang di hiasi dengan ukiran Kala Makara. pintu masuk Candi Banyunibo berada pada sisi barat, kedua relungnya di hiasi Tara, sementara, lukisan Boddhisatva menghiasi setiap celah di antara dinding luar candi. Ukuran candi utama hanya 15 x 14 meter, di sekitarnya terdapat 6 candi lainnya, sehingga di sebut dengan kompleks percandian.

ukiran pada dinding candi ini sangat mempesona, terlukis Citra Hariti atau biasa di kenal dengan dewi kesuburan berserta anak-anak dan Vaisravana. Atap Candi Banyunibo terlihat melengkung seperti kelopak bunga teratai yang bermahkota stupa, kompleks percandian di sekelilingnya menambah pesona Candi tersebut, dengan 6 kuil atau arca berserakan di sekitarnya, terbentang pula didin batu sepanjang 65 meter diutara candi.

Sekarang, karena sudah menjadi sebuah tempat wisata yang pengunjungnya juga relatif banyak, Candi Banyunibo memasang tarif masuk kawasan Candi dengan biaya Rp 2000 /orang, walaupun fasilitas di komples percandian tersebut bisa di katakan minim namun kebersihan dan ornamet candi masih terjaga dengan baik, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung. Salam.

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.