Alun-Alun Kidul Yogyakarta

 Wisata Alam, Wisata Kuliner

Alun-alun Kidul YogyakartaBanyak tempat berwisata yang menarik di Yogyakarta, salah satunya alun-alun kidul atau alun-alun selatan. Alun-alun kidul lebih di kenal dengan sebutan Alkid. Sesuai dengan letaknya yang berada di selatan Kraton Yogyakarta alun-alun di namakan alun-alun kidul yang berada tepat di belakang Kraton.

Kraton Yogyakarta memiliki dua alun-alun yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Alun-alun utara yang terletak di depan Kraton di fungsikan sebagai tempat berkumpul masyarakat yang mempunyai watak ribut dan alun-alun selatan di fungsikan sebagai penyeimbang watak tersebut.

Alun-alun Kidul di yakini sebagai tempat istirahat (palereman) para Dewa. Maka tak heran jika saat ini banyak di gunakan sebagai nglremake ati sebagian orang yang mengunjungi Alkid.

Pada jaman dahulu alun-aun kidul juga di fungsikan sebagai pelatihan prajurit kraton, di antaranya :

  1. Setonan atau berlatih ketangkasan dalam berkuda.
  2. Manahan yang berati lomba memanah dengan posisi duduk bersila
  3. Rampok Macan yang berarti lomba adu harimau
  4. Masangin merupakan latihan konsentrasi berjalan melewati antara dua pohon beringin yang berada di tengah Alkid dengan mata tertutup.

Pada saat ini fungsi di alun-alun kidul sudah tidak digunakan untuk berlatih prajurit. Saat ini Alkid telah di buka untu ruang publik. Siapa saja bisa mengunjungi Alkid setiap saat. Biasanya pada siang hari banyak ibu-ibu yang mengasuh anaknya di sekitar alkid. Saat sore hari baru mulai nampak pedagang kaki lima yang sedang sibuk mendirikan tenda.

Selain suahsana yang sangat mendukug untuk bersantai pengunjung juga bisa mencicipi hidangan khas daerah di seputar Alkid. Banyak terdapat lesehan maupun angkringan yang siap memanjaka  lidah setiap pengunjung.

Alun-alun kidul bisa di daulat sebagai tempat favorit yang unik untuk di kunjungi wisatawan. Karena tak jarang wisatawan yang masih mencoba ritual Masangin karena rasa penasaran. Walaupun banyak yang tidak percaya dengan Masangin namun saat sore hari hingga malam hari banyak pengunjung yang mencoba Masangin. Ada yang berdua dengan pasangan, ada juga yang ramai-ramai dengan teman dan keluarga untuk sekedar menguji kekompakan mereka.

Akses jalan menuju Alkid dapat di tempuh dengan mudah, jika dari malioboro atau titik nol kilometer dapat di tempuh dalam waktu 15 menit dengan menggunakan becak atau andong.

Fasilitas yag terdapat di alkid :

  1. Jasa penyewaan penutup mata seharga Rp. 3.000 jika yang lupa tidak membawa dari rumah bisa menyewanya.
  2. Jasa penyewaan sepeda Rp. 10.000 per4 putaran untuk sepeda tandem dua.
  3. Odong-odong dan sejenisnya mulai dari Rp. 10.000-20.000
  4. Dan banyak warung leseha yang siap memanjakan lidah pengunjung

Nah Tertarik untuk berkunjung di Alun-alun Kidul Yogyakarta?

Salam Wisata…

Gallery Photo

alun-alun kidul jogja

alun-alun kidul

odong-odog alkid

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.