Air Terjun Sri Gethuk

 Wisata Alam

sri gethuk playenAir Terjun Sri Gethuk berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogakarta.  Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu obyek wisata alam di Kabupayen Gunungkidul. Aliran Air Terjun Sri Gethuk berasal dari sungai yang mengaliri Desa Bleberan menuruni bukit dan menyatu menuju aliran sungai Oya.

Sungai Oya merupakan sungai terbesar yang mengalir di kabupaten Gunungkidul. Aliran Sungai Oya berasal dari aliran-aliran anak sungai yang mengaliri dusun-dusun. Salah satunya anak sungai Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki keindahan yang sangat menarik untuk di kunjungi. Air Terjun yang satu ini memiliki ketinggian … meter. Untuk menuju air terjun ini Kamu bisa menggunakan rakit utuk melewati Sungai Oya.  Ketika Kamu menyusuri Sungai Oya menggunakan rakit Kamu akan di suguhi pemandangan tebing-tebing di kanan-kiri sungai.

Sembari menikmati keindahan pemandangan di Sungai Oya pemand wisata akan menjelaskan sejarah tentang air terjun Sri Gethuk. Dari asal-muasal air terjun Sri Gethuk hingga keunikan yang terdapat di air terjun tersebut.

Keindahan air terjun Sri Gethuk sudah sangat terkenal baik di Gunungkidul maupun luar Gunugkidul. Tak jarang yang memanfaatkan air terjun Sri Gethuk sebagai tempat untuk mengabadikan moment-moment yang sangat berharga untuk Pengunjung.

Keindaha yang terdapat di air terjun Sri Gethuk terkadang di manfaatkan juga sebagai background untuk foto prewedding. Suahsana yang sangat indah dan romantis yang membuat pasangan muda baik yang dari daerah Gunungkidul maupun yang rela jauh-jauh ke Gunungkidul untuk mendatangi air terjun Sri Gethuk untuk berfoto prewed.

Seiring berjalannya waktu Air Terjun Sri Gethuk sudah banyak mengalami peningkatan di bidang pelayanan wisatanya. Dulu Pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan air terjun Sri Gethuk hanya dengan memandangi saja sekarang sudah bisa bermain air. Sudah adanya peralatan yang memadai dan Pemandu yang sudah mendapat pelatihan dari BASARNAS siap menemani dan menjaga Pengunjung untuk menikmati air terjun Sri Gethuk.

Fasilitas yang terdepat di Air Terjun Sri Gethuk kamar mandi umum, tempat ibadah (mushola), dan tempat parkir yang memadai. Warung-warung  yang menjajakan makanan khas Gunungkidul. Untuk menikmati Air Terjun Sri Gethuk kamu harus membayar Rp. 7.000 untuk biaya masuk, Rp. 10.000 untuk biaya naik rakit, Rp. 5.000 untuk persewaan pelampug.

Rute yang harus kamu lewati jika dari arah Yogyakarta.

Piyungaan > Bukit Bintang Pathuk > Pathuk > Playen>Sri ethuk//

Gallery Photo

sri gethuk gunungkidul

air terjun sri gethuk gunungkidul

sri gethuk

air terjun sri gethuk

Author: