Mengenal Gunung Merapi Lebih Dekat!

 Wisata Sejarah

Museum MerapiGunung Merapi adalah salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Gunung Merapi terletak di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Ketinggian Gunung Merapi sampai 2930 meter, tentu sangat mengiurkan untuk pecinta alam khususnya para pendaki gunung. Pesona yang disuguhkan di puncak merapi sangat mempesona dengan karekter khusus gunung api yang masih aktif.

Namun untuk yang takut mendaki Gunung Merapi jangan khawatir, karena sudah ada miniatur Gunung Merapi di Museum. Nama museum tersebut adalah Museum Gunung Api Merapi atau sering disebut dengan Museum Gunung Merapi. Museum tersebut terletak di Jln. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Museum Gunung Merapi memiliki 2 lantai yang diresmikan pada tahun 2010, dengan latar belakang agungnya Gunung Merapi membuat bangunan Museum tampak indah dan istimewa. Bangunan membentuk trapesium dan memiliki satu sisi membentuk segitiga menyerupai Gunung Merapi yang tampak di belakang bangunan. Akan nampak indah dan sempurna saat Gunung Merapi cerah, posisi terbaik dapat di lihat di Plataran area Parkir.

Memasuki Museum, sebuah replika dari Gunung Merapi lengakp dengan lelehan lahar panas menghiasi ruang pertama di lantai satu museum. Saat melanjutkan ke ruang selanjutnya juga terdapat miniatur semburan awan panas (wedhus gembel) membumbung tinggi saat letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2006. Miniatur tersebut juga bisa mengeluarkan suara gemuruh sehingga memberi gambaran yang terjadi saat itu.

Memberikan bayangan setiap wisatawan betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Ratusan rumah tergulung matrial vulkanik, binatang ternak ikut mati dan warga hidup di pengungsian. Meluluh lantahkan kehidupan di sekitar Merapi peristiwa tersebut tak akan hilang dari ingatan siapa saja yang menjadi korban.

Saat memasuki ruangan lain wisatawan akan menemukan display tipe letusan gunung api, batuan dari Gunung Merapi sejak tahun 1930, koleksi benda-benda sisa letusan tahun 2006 hingga koleksi foto-foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman yang dipajang sedemikian rupa sehingga mudah diamati. Panel-panel ilustrasi dengan gambar kartun pun dapat dijumpai dan tentunya ramah bagi anak-anak.

Dari sekian banyak koleksi benda yang ada, salah satu yang menarik adalah batu bom (volcanic bomb). Batu ini sepintas terlihat seperti batu biasa dengan bentuk yang tak beraturan. Tapi siapa sangka, batu ini adalah rupa lain lava pijar bersuhu 700 – 1.200⁰C yang kemudian terlempar ke udara dan mengalami proses pendinginan cepat sebelum sampai ke permukaan bumi.

Setelah puas menihat semua ruangan yang ada di lantai satu wisatawan bisa naik ke lantai dua. Di lantai dua wisatawan dapat menemukan kurang lebih sembilan koleksi dan alat peraga yang terdapat di lantai dua. Mulai dari display letusan dan erupsi Merapi, lorong peraga simulasi LCD, peraga simulasi tsunami hingga peraga simulasi gempa. Masing-masing koleksi tersebut berhasil menarik perhatian setiap wisatawan, apalagi koleksi alat peraga yang ada masih berfungsi dengan baik. Jadi jangan heran bila tiap pengunjung dapat melihat tsunami dan gempa bumi mini yang dahsyat namun tak membahayakan.

Setelah semua ruangan yang terdapat di museum telah di lihat, wisatawan bisa masuk ke dalam teater mini museum merupakan pilihan yang tepat. Dengan duduk di kursi sofa yang empuk wisatawan bisa beristirahat dn melihat film pendek berdurasi 24 menit berjudul Mahaguru Merapi.

Film ini menunjukkan dua sisi Merapi yang begitu berbeda. Merapi memberi kesuburan dan kehidupan bagi tiap makhluk di sekitarnya, tapi ada kalanya ia juga meluluhlantakkan semuanya tanpa tersisa. Sungai-sungai yang mengalir dari lerengnya memenuhi kebutuhan warga akan air, tapi ada saatnya sungai tersebut berubah jadi ancaman kehidupan karena lahar dingin yang mengalir di dalamnya.

Dengan memahami Gunung Merapi melalui gambaran yang terdapat di Museum Merapi membuat kita mengerti arti penting mengapa Tuhan menciptakan Gunung Merapi. Setiap yang di ciptakan memiliki kekurangan dan kelebihan sempurna hanya milik Sang Pencippta. Walau Gunung Merapi nampak berbahaya tapi keberadaan Gunung Merapi sangat di butuhkan.

Bagaimana menarik bukan yang ingin mengetahui Gunung Merapi lebih dekat tidak ada salahnya berkunjung ke Museum Merapi.

Salam Wisata…

Gallery Photo

Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Merapi Kaliurang

Museum Gunung Merapi

Museum Merapi Sleman

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.