8 Pantai Terbaru Di Gunungkidul

 Wisata Pantai

Bagiakan Kepompong yang akan berkembang menjadi kupu-kupu yang cantik, sangat pas untuk menggambarkan kabupaten Gunungkidul. Saat ini obyek wisat di Gunungkidul mulai banyak di minati wisatawan baik lokal maupun asing. Dari wisata kuliner, belanja, maupun wisata alam, salah satunya wisata pantai maka tak heran banyak nama-nama pantai baru bermunculan. Berikut 8 nama pantai Baru di Gunungkidul yang mempesona.

PANTAI KAYU ARUM

Pantai Kayu ArumPantai Kayu Arum termasuk dalam kawasan Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai Kayu Arum terletak di dekat pantai Baron yang merupakan salah satu pelopor obyek wisata di Gunungkidul, jaraknya kurang lebih 7 KM dari Pantai Baron. Meskipun belum begitu dipadati pengunjung, namun keindahan dan keasrian pantai ini sungguh cocok bagi Anda yang ingin berlibur dan membutuhkan suahsana yang tenang.

 

PANTAI WIDODAREN

Pantai WidodarenLetak Pantai Widodaren sangat tersembunyi semakin membuat orang penasaran betapa indahnya pantai tersebut. Karena untuk sampai di pantai Widodaren pengunjung harus rela berjalan kaki kurang lebih 2 km karena akses untuk roda empat dan dua belum ada. Tapi jangan khawatir kendaraan bisa di parkirkan di pantai Ngrenehan. Kemudian pengunjung bisa berjalan kaki kurang lebih 40 menit.

Pantai Widodaren, merupakan pantai perawan yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Widodaren masih asri dan belu banyak di kenal orang, pasir pantai yang masih alami dan sangat menawan.

 

PANTAI WATU LUMBUNG

Pantai Watu LumbungUnik, menarik dan eksotis memandang karang yang terletak agak jauh di sebelah barat Pantai Wediombo. Batu karang paling istimewa, terbesar di kawasan pantai Gunungkidul membentuk formasi keindahan alam luar biasa indah, nama Pantai Watu Lumbung mempunyai arti tersendiri yaitu Watu = Batu sedangkan Lumbung = semacam bangunan  untuk menyimpan padi, jejeran batu karang tersebut membentuk formasi unik dan sayang untuk dilewatkan.

 

PANTAI BUTUH

Pantai ButuhPantai butuh di apit oleh dua bukit yang ditumbuhi semak serta pohon tak beraturan. Perhias pantai berupa batuan karang mungil timbul diatas putihnya pasir, ombak menderu perlahan menuju daratan, landai serta ombak yang tidak begitu terjal menambah keindahan ketika mata memandang, ingin memandang keseluruhan ? naik saja ke salah satu bukit, jadikan moment terbaik serta spot unik suasana klasik di sekitar pantai.

 

PANTAI NGLIMUN

Pantai Nglimun GunungkidulPantai Nglimun adalah pantai landai tanpa dominasi banyak batuan karang, memiliki pasir pantai berjumblah sedikit, serta ketika ombak surut, akan telihat batuan karang dasar laut yang banyak di tumbuhi ganggang laut. Terlihat beberapa ikan sedang bergaya, bermain-main di antara batuan karang, melihat ke laut luas, seperti melihat aquarium raksasa dengan mata terbuka, mengasyikan bukan ?

 

PANTAI POROK

Pantai PorokHanya dengan berjalan kaki Pantai Porok bisa dijangkau, tracking ringan, melewati jembatan antar batu karang dari Pantai Kukup mengambil arah kiri atau timur pantai. jalan ini hanya bisa dilewati ketika laut sedang surut, diperjalanan, akan ditemui beberapa hal unik seperti observasi rumput laut, karang-karang berjajar rapi serta aneka biota laut, banyak ikan kecil menari-nari, hal ini yang akan membuat perlajanan para wisatawan menjadi sangat nyaman.

Suasana area pantai cenderung sepi, kelebihan Pantai Porok adalah landainya air serta ombak yang tidak begitu besar, cukup aman bagi anda yang ingin berenang. Karena masih sepi, pantai mungil nan eksotis ini adalah tempat yang pas untuk menenangkan pikiran, jika tracking masih dirasa belum cukup, pelancong pecinta alam bisa menyusuri pantai disekitarnya, yaitu Pantai Lolang dan Sepanjang.

 

PANTAI LOLANG

Pantai LonglangPantai Lolang merupakan sebuah Objek Wisata Pantai Gunungkidul bernuansa kembali pada alam, karang dikedua sisi pembatas pasir putihnya terlihat senada sengan aliran ombak yang menerjangnya, Sunset Tanah Jawa disinilah tempat yang paling mengesankan, pepohonan rindang sekitar pantai meneduhkan sinar matahari yang menyengat, tiada kesan panas di kawasan ini, serasa sejuk walau ditengah hari bolong.

Terdapat aliran sungai disekitar pantai, membuat fasilitas alami penambah gairah wisata, biasanya para tracking memutuskan untuk mendirikan tenda di sekitar area pantai, menikmati kebersamaan bersama kawan dengan view alam yang begitu indah dipandangan, jalan-jalan anda di kota jogja akan terasa lebih menggairahkan ketika menyambangi Pantai Lolang Gunungkidul Yogyakarta.

 

PANTAI NGEDEN

Pantai NgedenPantai Ngedan atau Pantai Ngeden telah mulai berbenah dan siap menjadi pilihan bagi para pelancong untuk dipijaki. Dua sisi keindahan laut yang tanpak mempesona terpancar begitu menggairahkan, bagai perawan bertemu seorang bujang lalu jatuh cinta pada pandangan pertama.

Setelah sampai di parkiran, ada dua sisi dengan dua karakter berbeda. Pada sisi pertama, penglihatan akan tertuju kelaut maha luas, landainya air membuat Pantai Ngedan atau Pantai Ngeden Gunungkidul Yogyakarta ini menjadi tempat aman untuk anda yang ingin bermain air, terdapat payung dan tikar, sebagai tempat bersantai untuk para wisatawan.

Walaupun tergolong pantai baru, pantai-pantai tersebut sudah memiliki fasilitas walaupun masih mini dan masih dalam tahap pembangunan. Namun untuk menuju pantai-pantai indah tersebut tidak sulit karena banyak petunjunk jalan yang mudah di pahami, bila ragu lebih baik bertanya penduduk setempat.

Menarik bukan jajaran pantai selatan di Gunungkidul? Semoga pantai-pantai Gunungkidul bisa di kelola semaksimal mungkin sehingga wisatawan yang datang juga puas. Wisatawan yang datang juga di harapkan keikut sertaannya dalam menjaga kelestarian obyek wisata di Gunungkidul.

Selamat berwisata di Gunungkidul…

 

 

 

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.