5 Goa Penantang Adrenalin di Gunungkidul

 Wisata Alam, Wisata Petualang

Gunungkidul merupakan daerah pegunungan kapur atau batuan kars yang membentuk goa-goa yang indah. Goa-goa di Gunungkidul terbentuk secara alami dan memiliki karakter masing-masing menjadi daya tarik tersendiri. Berikut merupakan goa-goa yang paling menantang adrenalin hingga goa yang have fun untuk di telusuri.

GOA JOMBLANG

Goa Jomblang

Luweng Jomblang atau yang lebih di kenal dengan Goa Jomblang adalah goa yang menantang adrenalin wisatawan. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang penurunannya menggunakan seutas tali. Ketangguhan Goa Jomblang terbukti dengan diselenggarakanya event Amazing Race America pada tahun 2011 silam, Goa Jomblang menjadi salah satu rute pada event tersebut.

Gua Jomblang memiliki lorong sepenjang 300 m dihiasi dengan berbagai ornamen cantik disetiap dinding gua. Penelusuran gua tersebut atau caving di jomblang wajib menggunakan peralatan khusus serta di dampingi oleh penelusur gua yang berpengalaman atau pemandu, peralatan umum yang digunakan adalah coverall, sepatu boot, helm dan headlamp, peralat khususnya berupa SRT set terdiri dari seat harness, chest harnes, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang dan pendek.

 

GOA COKRO

Goa Cokro

Goa Cokro adalah goa vertikal dengan kedalaman 18 meter, bibir goa memiliki diameter 1 m sedangkan dasar goa sekitar 20 meter. Bagian bawan gua terdapat 2 lorong membujur ke arah selatan dan utara, panjangnya 50 meter dan 250 meter, keahlian khusus pun sangat diperlukan untuk menaklukan gua ini.

Di dalam perut Goa Cokro Gunungkidul Yogyakarta ini terdapat stalaktit dan formasi Speleothem batuan kart, berbagai corak akan di temukan, salah satunya membentuk corak batik, pancaran sinar matahari menembus dasar goa, jatuh menawan bagai di jomblang, terlihat lebih sederhana, namun mengaggumkan.

 

GOA JLAMPRONG

Goa Jlamprong

Goa Jlamprong memiliki dua cabang menyambung menjadi satu, yaitu Goa Gesing dan Goa sinden, terletak di  Desa wisata Mojo Gunungkidul Yogyakarta. memiliki tingkatan tantangan non ekstrim, kegiatan tracking sangat menyenangkan ketika bersimbah datang kekawasan ini.

Goa Jlamprong termasuk Goa horisontal dan berair, ini dikarenakan aktifitas produktif dari batuan didalamnya. Jika tidak cukup berani menjelajahi goa ini sendiri, disediakan jasa pemandu wisata setempat dengan tarif Rp 25.000/orang, keuntungannya dapat menjelajahi tiga Goa sekaligus dan beberapa fasilitas pendukung, seperti restribusi, sewa alat, sewa instruktur namun tidak termasuk biaya makan dan minum.

 

GOA KALI SUCI

Goa Kali Suci

Cave Tubing Kali Suci terletak di Desa Jetis, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Cave Tubing merupakan permainan air yang saat ini memiliki banyak peminat. Cave Tubing Kali Suci bisa menjadi alternatif untuk kamu yang suka bermain air. Cave Tubing Kali Suci di lewati oleh aliran sungai yang memiliki arus, sehingga kamu bisa caving (menyusuri goa) sambil rafting (arung jeram).

Biasanya kalau Kamu hanya bisa caving atau rafting di Cave Tubing Kali Suci kamu bisa bermain keduanya. Sehingga kamu bisa merasakan obyek wisata baru yang jarang di temukan di Daerah lain. Tapi kamu bisa menemukannya di Cave Tubing Kali Suci. Karena Goa Kali Suci memiliki arus, sehingga saat menelusuri Goa Kali Suci wisatawan bisa merasakan dua sensasi sekaligus yaitu penelusuran goa yang memiliki arus.

 

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul adalah goa horizontal yang memiliki sungai bawah tanah, sehingga saat penelusuran goa wajib menggunakan ban karet pelampung dan jaket pelampung. Arus di goa pindul lebih tenang jika di bandingkan dengan Goa Kali Suci karena arus di goa pindul landai dan cenderung tenang. Saat penelusuranpun ban karet akan di gerakkan oleh pemandu, jadi sangat aman untuk anak-anak, lansia, ibu hamil dan yg tidak bisa berenang.

Tepat ditengah Goa, ada sebuah ruangan yang agak besar, ruangan ini ada lubang diatasnya yang oleh warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk dari lubang ini membuat suasana di dalam goa semakin indah. Lubang diatas Goa Pindul ini dulu seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR untuk latihan.
Bagi Anda yang bernyali, bisa melompat ke air dari tebing atau pohon di sekitar pintu keluar goa, tentu saja Anda harus hati hati melakukannya. Waktu tempuh yang diperlukan untuk Cave Tubing Goa Pindul sekitar 45 sampai 60 menit. Sambil menikamati suasana pedesaan yang sejuk, bila Anda tertarik untuk menginap di sini, di tempat ini juga banyak di tawarkan homestay dan warung makan, tentu saja dengan harga yang murah.

 

Nah, tertarik untuk menguji Adrenalin di goa-goa di gunungkidul? Supaya tau tingkat keberanian kamu sampai mana? Selamat Mencoba…

Author: 

Seorang anak petani desa yang tersesat di dunia maya, kemudian jatuh cinta pada ngeblog dan internet marketing sejak tahun 2008. Tidak ada sesuatu yang istimewa, harapan saya melalui Wisataku.net ini bisa berbagi informasi tentang tempat tempat wisata menarik di Jogja dan sekitarnya.